Pemprov DKI Copot Waring Kali Sentiong

Kali Sentiong atau Kali Item yang ditutup jaring.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air telah mencabut waring yang berada di Kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Saat ini, pemasangan dinding turap tengah dilakukan di kali tersebut.

2 Buah Ini Bisa Ciptakan Deterjen Ramah Lingkungan, Mudah dan Murah

Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, mengatakan, pihaknya telah meminta izin kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencabut waring itu, agar pembangunan sheet pile untuk sisi kanan dan sisi kiri Kali Sentiong bisa selesai. 

"Makanya waring sudah kami cabut karena kontrak pelaksanaan sudah mulai jalan bertahap dan tahun ini harus sudah selesai," ujar Teguh di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018.

Anies Sebut DKI Mulai Atasi Polusi Air di Kali Sentiong

Teguh mengatakan, kontrak kerja dengan pemborong pembuat dinding turap sudah dilakukan sejak Juni 2018. Namun, lantaran pembuatan dinding itu dilakukan secara bertahap maka proses pembangunan baru dilaksanakan. 

Saat ini, pembuatan dinding turap di Kali Sentiong baru sepanjang lima kilometer. "Soalnya pembangunan itu harus bertahap seperti misalnya cek di Kali Grogol, Palmerah, sampai Jalan Raya Kemanggisan itu panjangnya kanan kiri sekitar empat kilometer," ujarnya. 

Pemda DKI Siapkan Rp369 Miliar untuk Normalisasi Kali

Teguh menambahkan, "Progres pengerjaannya sudah berjalan, sekarang sudah di atas 60 persen, kita kejar 15 Desember selesai semua".

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Kali Sentiong atau Kali Item menjelang perhelatan Asian Games 2018. Kali ditutupi dengan menggunakan jaring tipis berwarna hitam.

Jaring dipasang agar tak terlihat kotor dan mengeluarkan aroma tak sedap yang dapat mengganggu atlet penghuni Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya