Malam Tahun Baru, 6.800 Petugas Kebersihan Disebar di Ibu Kota

Malam tahun baru di Tugu Monas, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, mengerahkan ribuan satuan tugas kebersihan pada malam Tahun Baru 2019 di Ibu Kota. 

Pembersihan Sampah Monas, Anies: Tak Sampai Separuh dari Tahun Lalu

Dinas juga mengerahkan petugas tambahan dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air untuk membantu di darat dan berkerja sama dengan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan di wilayahnya masing-masing. 

"Kami kerahkan 6.800 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari sopir truk sampah, kru, dan regu comot," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, di Jakarta, Jumat 28 Desember 2018. 

Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta Sisakan Sampah 327 Ton

Dia mengungkapkan, ribuan petugas dan sarana kebersihan tersebut disiagakan sejak Senin sore, 13 Desember 2018 sampai Selasa pagi, 1 Januari 2019. Mereka menyebar di seluruh lokasi yang menjadi pusat keramaian warga pada malam Tahun Baru 2019 Jakarta. 

Mereka akan membersihkan sampah-sampah mulai pukul 00.30 WIB. Targetnya, sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah terangkut. Petugas akan langsung bekerja, setelah perayaan pergantian tahun usai.

Mulai Pekan Depan, Truk Sampah DKI Dilarang Melintas 24 Jam di Bekasi

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas kami yang dikenal sebagai Pasukan Oranye langsung bergerak di setiap titik lokasi perayaan," ujarnya. 

Untuk mempermudah kegiatan penanganan kebersihan, Isnawa mengharapkan, usai acara puncak pergantian tahun pedagang kaki lima dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di bahu jalan dapat segera meninggalkan lokasi. 

"Hal ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan wilayah. Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan Satpol PP untuk menertibkan PKL," ujarnya. 

Isnawa meminta kepada masyarakat yang turut meramaikan malam pergantian tahun baru di Ibu Kota untuk membuang sampah pada tempatnya. “Pengunjung dan pedagang kaki lima diharapkan dapat membantu petugas dengan meletakan sampah di tempat-tempat yang telah disediakan,” katanya.

Dinas Lingkungan Hidup pun mengerahkan sarana kebersihan berupa kendaraan angkut sampah jenis compactor 100 unit, mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper) 50 unit,  pick up lintas 42 unit, 25 bus toilet, menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam dan menyebar ribuan dust bin di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya