Info Lalu Lintas

Waspadai Lokasi Jalan Sebaran Ranjau Paku

VIVAnews - Aksi penebar ranjau paku makin marak di jalan Jakarta. Tentunya aksi itu kian meresahkan dan merugikan pengguna jalan, terutama pengendara motor ataupun mobil.

Berdasarkan data dari Unit Laka Ditlantas Polda Metro Jaya lokasi jalan yang menjadi aksi ranjau paku yakni:

Di sepanjang jalan Jenderal Sudirman menuju kawasan Harmoni. Selain itu di Jalan Majapahit.

Jalan S Parman mulai dari RS Harapan Kita ke arah lampu merah Slipi juga salah satu yang paling rawan. Sebaran ranjau paku ini juga kerap terjadi hingga ke arah fly over Slipi menuju kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Daerah lain yang sama rawannya adalah dari arah sebaliknya mulai dari lampu merah Slipi ke arah Tomang.

Jalan Gatot Subroto juga terbilang sangat rawan sebaran paku. Sebaran paku mulai di jalan ini terdapat di dua arah mulai dari Semanggi hingga ke arah Kuningan.

Tempat lainnya lagi adalah fly over Permata Hijau ke arah Pondok Indah. Paku-paku itu sengaja disebar untuk mencari keuntungan juga kerap berserakan hingga pertigaan lampu merah Velbak.

Ranjau paku juga berlanjut dari Williams Mobil ke arah lampu merah Kostrad. Jalan MT Haryono terutama perempatan patung Pancoran dan fly over Pancoran. Begitu juga mulai dari Menara Saidah hingga lampu merah Kuningan.

Jalan TB Simatupang juga tidak luput dari ranjau paku, terutama di dekat fly over Lenteng Agung hingga ke arah Pasar Minggu.

Sedangkan di jalan Majapahit dari Tanah Abang menuju Harmoni. Lalu Jalan Prof Satrio dari Mal Ambassador menuju ke arah jalan Casablanca.

Sebaran paku juga banyak terdapat di jalan Daan Mogot. Ranjau paku dari dua arah Kalideres menuju Grogol ataupun sebaliknya. Namun paling banyak mulai dari arah lampu merah Cengkareng menuju Kalideres.

"Daerah Jalan Sudirman merupakan lokasi paling rawan ranjau paku, setiap harinya saat melakukan pembersihan, kita mendapatkan minimal tiga kilogram paku yang disebar di jalan," ujar Kasie Laka Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Herman Ruswandi kepada VIVAnews, Rabu 16 Desember 2009.

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya mengaku sudah melakukan operasi pembersihan di jalan-jalan yang marak dijadikan ranjau paku. Mulai pukul 05.00 hingga pukul 07.00 pagi.

Dia mengatakan, paku tersebut biasanya disebarkan penambal ban nakal untuk mengeruk keuntungan. Terkadang penambal ban itu juga mengenakan biaya tambal ban seenaknya terutama ketika di malam hari.

"Selain itu lokasi ranjau paku juga kerap digunakan penjahat untuk melakukan aksinya," imbuhnya.

Dia menghimbau agar pengguna jalan khususnya pengendara motor sebaiknya mengambil jalur di tengah, jangan terlalu mengambil jalan pinggir kiri ataupun kanan.

"Tapi kita setiap hari pasti akan melakukan pembersihan, dan menindak tegas pelaku penyebar ranjau paku," tandasnya.

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024