Setiap Hari 27 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

Situasi mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Selasa 4 Juni 2019
Sumber :
  • VIVA/Eka Permadi

VIVA – Massa pemudik masih memadati Stasiun Pasar Senen Jakarta hingga hari ini, H-1 Lebaran 2019. Menurut Kepala Humas PT KAI DAOP 1, Eva Chairunisa, sejak H-10 hingga H-1 Idul Fitri 1440 H, sebanyak 249 ribu orang pemudik pengguna kereta api telah berangkat melalui stasiun Pasar Senen, Jakarta. 

Penumpang Pesawat Naik Pada Lebaran 2019, Kereta Api Malah Turun

"Rata-rata penumpang di Stasiun Pasar Senen sampai dengan hari ini masih cukup padat, sekitar 27 ribu untuk keberangkatan hari ini," kata Eva saat dihubungi, Selasa 4 Juni 2019.

Eva mengungkapkan, dalam sehari, Stasiun Pasar Senen dapat memberangkatkan 36 kereta api. Terdiri dari 26 kereta reguler dan 10 kereta tambahan.

Pertamina MOR III: Konsumsi Pertamax Ramadan-Idul Fitri Naik 12 Persen

Sedangkan dari data yang ada pemudik paling banyak menuju Jawa Tengah, seperti ke daerah Solo dan Yogyakarta. Sedangkan untuk ke arah Jawa Timur pemudik banyak menuju Malang, Banyuwangi dan Surabaya.

Robi (33 tahun) pemusik yang akan merayakan Idul Fitri di Solo, mengaku sudah tiga tahun berturut-turut menggunakan kereta untuk mudik. Sebelumnya ia bersama istri dan satu anaknya selalu mudik menggunakan sepeda motor.

Tol Tangerang-Merak Catat Traffic Tertinggi Selama Musim Libur Lebaran

"Waktu libur di tempat kerja saya mepet. Pakai kereta lebih cepat, jadi bisa istirahat agak lama di kampung," ujarnya.

Selain itu, menurut Robi, mudik dengan kereta dirasa lebih aman dibandingkan naik sepeda motor. "Fasilitas kereta sekarang bagus. Jadi enak," katanya. (ren)
 

Kepala BPS Suhariyanto.

Penumpang Pesawat Naik Pada Lebaran 2019, Kereta Api Malah Turun

jumlah penumpang pesawat pada Juni 2019, naik. Sebaliknya, KA turun.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2019