Tarif Parkir Mobil di Jakarta Diusulkan Naik 300 Persen

Warga berjalan di antara mobil yang terparkir di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI diusulkan menaikkan tarif parkir kendaraan, utamanya mobil, hingga tiga ratus persen di seluruh Jakarta. Menurut analis kebijakan transportasi Azas Tigor Nainggolan, hal itu merupakan salah satu strategi yang bisa diambil juga untuk menangani masalah macet di Ibu Kota.

Daftar Lokasi dan Tarif Parkir Bandara Soekarno-Hatta 2023

"Tarif parkir bisa dinaikkan setidaknya tiga ratus persen," ujar Azas di Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019.

Azas menyampaikan, berkurangnya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi akibat tingginya biaya yang harus dikeluarkan jika hendak parkir, akan membuat jalanan lebih lengang. Selanjutnya, aturan lain seperti ganjil genap yang juga diwacanakan diberlakukan kembali, bisa diterapkan karena jalanan yang lebih lengang, membuat jalur-jalur alternatif untuk menghindari aturan, bisa lebih mudah dilalui.

24 Lokasi Tarif Parkir Termahal Bagi Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Ditambah

"Pemerintah harus segera memaksimalkan kapasitas jalan seluruh Jakarta agar bisa menjadi alternatif dari jalan yang terkena pembatasan ganjil genap," ujar Azas.

Azas juga mengusulkan dihapuskannya parkir on street yang kerap malah memakan badan jalan. Adapun, dipersulitnya pengguna kendaraan pribadi menggunakan kendaraan mereka seperti strategi ini, merupakan hal yang dinilai bisa diambil untuk pada akhirnya membuat transportasi umum lebih dipilih.

Kendaraan Belum Lulus Uji Emisi, Siap-siap Bayar Parkir Mahal di 131 Lokasi Ini

"Para pengguna mobil pribadi nanti menjadi tidak nyaman menggunakan mobilnya dan berpindah ke angkutan umum massal seperti TransJakarta," ujar Azas.

Ilustrasi parkir.

Daftar Tarif Parkir Mobil dan Sepeda Motor Bandara Juanda Surabaya 2023

Salah satu bandara tersibuk di Indonesia yakni Bandara Internasional Juanda Surabaya, yang setiap bulannya melayani 13 juta orang. Dengan tingkat kesibukan yang tinggi it

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2023