Rektor Termuda Indonesia, Risa Santoso: Step Up Your Game!

Risa Santoso
Sumber :
  • Youtube Institut Asia Malang

VIVA – Makin banyak milenial yang berkiprah di bidang pendidikan. Salah satunya, perempuan asal Surabaya, Risa Santosa. Di umur 27 tahun, bisa dibilang pencapaian Risa luar biasa. Pada 2 November 2019 lalu, ia dilantik sebagai rektor di Institut Teknologi dan Ekonomi Asia Malang, Jawa Timur. Hal itu menjadikan Risa sebagai rektor termuda di Indonesia.

La Nyalla Membantah Terlibat Korupsi Proyek RS Unair

Di usia muda dan dengan latar belakang pendidikan S2 Ilmu Pendidikan di Harvard University, Risa diharapkan bisa membuat terobosan segar. Perempuan kelahiran 27 Oktober 1992 itu pun merasa terhormat telah terpilih sebagai rektor di usia yang masih muda. Hal itu disampaikan Risa dalam tayangan video di kanal Youtube Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. "Saya merasa terhormat dipilih menjadi rektor di Institut Asia. Itu kan sesuatu yang pekerjaannya berat dan juga banyak tanggung jawabnya," kata Risa.

Dia juga berjanji untuk membuat program kerja yang efektif untuk memajukan kualitas pendidikan di institut tempatnya bekerja. Ia juga menargetkan program kerja yang bisa menjadi pedoman mahasiswa setelah lulus. "Program kerjanya sebenarnya banyak dan pasti dari beberapa lini. Tapi yang pasti nanti program-program kita akan lebih spesifik. Jadi nanti anak-anak tahu, setelah lulus mereka mau ngapain," kata Risa.

Banjir Lahar Dingin Marapi Terjang Agam dan Tanah Datar, Korban Jiwa Berjatuhan

Baca juga: Ngeri, Roy Kiyoshi Sebutkan Ciri-ciri Restoran yang Pakai Pesugihan

Ia juga berpesan kepada para mahasiswa untuk bekerja lebih keras. "Jadi kita sekarang sudah jadi institut nih, bukan sekolah tinggi lagi. Jadi harus step up your game. Kalian ada keinginan menjadi apa setelah lulus, jangan lupa mengejar mimpi itu," katanya.

Tidak Dikasih Jalan, Sopir Bus di Medan Marah Ketika Lawan Arah

Lalu soal sosoknya yang kini viral, Risa mengaku ada positif dan negatifnya. Secara positif, hal itu bisa membuat Institut Teknologi dan Ekonomi Asia Malang semakin dikenal. Sisi negatifnya, dia merasa terlalu banyak exposure yang membuat berkurangnya personal space yang ia miliki.

Risa Santoso

Profil Risa Santoso, Rektor Termuda Berumur 27 Tahun Lulusan Harvard

Risa Santoso jadi rektor di Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang.

img_title
VIVA.co.id
6 November 2019