Ada 4.023 Anak Jalanan di Jakarta

VIVAnews - Dinas Sosial DKI Jakarta mencatat sedikitnya ada 4.023 anak jalanan yang berkeliaran di beberapa titik jalan. Dari hasil penelusuran, diketahui ribuan anak jalanan itu tersebar di
52 wilayah di Jakarta.

Kawasan tersebut adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cilandak, Tomang dan Perempatan Coca Cola, Jakarta Pusat.

"Kebanyakan anak jalanan ini berasal dari daerah dan sulit terkontrol. Selain itu, seringkali para anak jalanan itu diakomodir oknum tertentu," ujar Kepala Dinas DKI, Budiharjo, Senin 11 Januari 2010.

Kendala lainnya menurut Budiharjo adalah kapasitas sarana pembinaan yang saat ini tidak sesuai dengan jumlah anak jalanan yang ada. Sehingga pembinaan terhadap setiap anjal hanya dilakukan selama 6 bulan sebelum dilepas kembali.

"Enam panti yang ada sudah penuh, sehingga kami hanya memberlakukan masa pembinaan tiga bulan dan tiga bulan untuk pelatihan” lanjut Budihardjo.

Menurutnya, pelatihan yang sudah diberikan kepada anak jalanan sering tidak ditindaklanjuti dengan tersediaan peluang kerja. Sehingga anjal kerap kembali lagi ke jalan.

Karena itu, dalam pemberdayaan anak jalanan, pihaknya berencana akan bekerjasama denga pihak swasta dengan memaksimalkan program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki masing-masing perusahaan.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Langkah tersebut telah diterapkan beberapa badan usaha derah seperti Taman Impian jaya Ancol (TIJA), Taman Margasatwa Ragunan (TMR), serta pusat perbelanjaan seperti mall.

Pelaku pencurian rumah kosong saat mudik lebaran

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Pelaku merupakan orang kepercayaan korban. Kejadian diketahui saat korban kembali setelah mudik lebaran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024