Ibu Kota Dipindah, Bupati Tangerang: Tekan Urbanisasi di Jabodetabek

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
Sumber :
  • VIVAnews/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyambut baik rencana perpindahan Ibu Kota Indonesia, dari Jakarta ke Pulau Kalimantan. Hal itu dinilai dapat membantu pemerintah daerah mengendalikan pertumbuhan penduduk akibat urbanisasi.

Menpan RB Tegaskan Telah Siapkan 4 Skenario Pemindahan ASN ke IKN

"Sejauh ini kita cukup kesulitan mengendalikan laju pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh pendatang. Mereka (pendatang) memiliki pola pikir, setiap daerah yang dekat dengan Ibu Kota pasti memiliki pergerakan ekonomi yang baik, padahal belum tentu," katanya, di Gedung DPRD Kabupaten Tangerang usai mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo, Jumat, 16 Agustus 2019.

Dengan adanya perpindahan itu, menurut dia, membuat pergerakan ekonomi ataupun jumlah penduduk dapat disamaratakan, sehingga tidak terpaku pada daerah tertentu saja yakni, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). "Cara perpindahan itu kita harap dapat menekan urbanisasi ke Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Intip Sejumlah Tantangan Dalam Pemindahan IKN ke Kalimantan

Dia menambahkan, banyak masukan yang diberikan Presiden Joko Widodo saat berpidato. Selain mewujudkan optimisme dalam membangun bangsa, pesan yang dapat diambil adalah bagaimana peran pemerintah serta masyarakat dalam menghadapi pertumbuhan global saat ini. 

"Pidato kenegaraan Pak Jokowi banyak sekali masukan, seperti optimisme ke depan dalam membangun negara yang kita cintai lebih baik lagi, kepada masyarakat yang harus siap tentang pertumbuhan global yang dihadapi pada saat ini," ujar Zaki.
 

Jokowi Jelaskan Kajian Pemindahan IKN, dari Soekarno, Soeharto dan SBY
Rapat paripurna DPR (Foto ilistrasi).

Di Rapat Paripurna, Demokrat dan PKS Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

Sejumlah anggota DPR RI meminta Pemerintah di kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi), untuk menunda pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara, Kalimantan.

img_title
VIVA.co.id
23 Mei 2023