Masjid Istiqlal Gelar Salat Gerhana Usai Zuhur

Kepala Bagian Humas dan Protokol Istiqlal Abu Hurairah, di Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Masjid Istiqlal di Jakarta akan menyelenggarakan salat sunah kusuf atau salat yang dilaksanakan saat ada gerhana matahari, Kamis, 26 Desember 2019. 

Ustaz Adi Hidayat Larang Penggunaan Sajadah Empuk Saat Salat, Ini Alasannya

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Istiqlal Abu Hurairah, salat yang dilaksanakan saat sejumlah wilayah Indonesia dilintasi gerhana matahari cincin, juga gerhana matahari sebagian, akan diselenggarakan usai salat Zuhur.

"Seperti kebiasaan kami sebelumnya, Masjid Istiqlal mengadakan salat khusuf dalam istilah agamanya, atau salat gerhana matahari," ujar Hurairah di Istiqlal, Jakarta, Kamis, 26 Desember 2019.

Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Hurairah menyampaikan, salat dilaksanakan secara berjamaah sekitar pukul 12.30 WIB. Bertindak sebagai imam, ustaz H Rofudin Mahfudz, sementara khatib yaitu ustaz H Zulfatah Yasin.  "Salat gerhana ini dilakukan sehabis atau selepas salat Dhuhur, langsung dilakukan. Berarti mungkin sekitar 12.30 WIB ya," ujar Hurairah.

Hurairah mengemukakan karena bukan ibadah hari raya, juga mempertimbangkan kondisi Istiqlal yang sedang direnovasi, tidak ada persiapan khusus untuk pelaksanaannya. Hanya, khatib nanti akan memberi ceramah terkait ayat-ayat kauniyah di Alquran, atau ayat yang membahas tentang fenomena alam sebagai salah satu tanda kekuasaan Allah SWT.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

"Sebenarnya salat gerhana matahari ini kan hanya salat sunat biasa ya, tidak seperti salat saat hari raya Idul Fitri, Idul Adha, atau salat Jumat. Tema (acara)-nya pun tidak ada," ujar Hurairah.

Fenomena alam berupa gerhana Matahari diperkirakan kembali terjadi di wilayah Indonesia. Berdasarkan data astronomis bahwa pada Kamis, 26 Desember 2019 bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 H, di wilayah Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Sebagian. 

"Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat sunnah Gerhana Matahari atau yang disebut Salat Kusuf," kata Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi di Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019.

Menurut Tarmizi, pelaksanaan Salat Gerhana menyesuaikan waktu gerhana Matahari di wilayah masing-masing. Diperkirakan, awal gerhana pada pukul 10.34 WIB puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.17 WIB dan akhir gerhana pada pukul 14.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya