Banjir Surut, Kereta Bandara Mulai Beroperasi Lagi

Sejumlah penumpang berjalan seusai menggunakan jasa transportasi kereta bandara Railink di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta sempat dihentikan sementara lantaran rel yang terendam banjir, Namun, per hari ini, Sabtu, 4 Januari 2020, kereta bandara telah kembali beroperasi melayani penumpang.

Banjir Bandang Landa Afghanistan, 330 Orang Meninggal

Dalam pelayanan transportasi tersebut, PT Railink menerapkan pola operasi terbatas. Pola pelayanan ini membatasi kecepatan kereta dan jarak waktu antar perjalanan atau headway yang sebelumnya hanya 30 menit, kini dilakukan sekitar 60 menit.

"Masih membatasi kecepatannya, karena adanya pemeriksaan jalur rel, akibat dampak banjir serta melakukan perbaikan pada beberapa bantalan yang geser," kata Humas PT Railink, Diah Suryandari melalui keterangan tertulisnya.

12 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Marapi

Dia menjelaskan dalam penyesuaian waktu seperti rute Stasiun Manggarai-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta menjadi 57 menit. Sementara, untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno-Hatta-Stasiun Manggarai menjadi 67 menit.

Adapun jadwal keberangkatan kereta bandara di mulai sejak pukul 4.40 WIB untuk relasi Stasiun Manggarai-Stasiun BNI City-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. 

Banjir Lahar Dingin Marapi Terjang Agam dan Tanah Datar, Korban Jiwa Berjatuhan

Sedangkan, jadwal untuk relasi sebaliknya yaitu Stasiun Bandara Soekarno-Hatta-Stasiun Batu Ceper -Stasiun Duri-Stasiun BNI City-Stasiun Manggarai akan diberangkatkan mulai pukul 06.10 WIB.

"Kita akan terus menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Tentunya kami berharap, pasca banjir dan perbaikan yang akan dilakukan dengan cepat," tuturnya.

Dia menekankan pihaknya akan segera berupaya untuk membuat normal lagi pelayanan.

"Kereta bandara dapat segera melayani penumpang dengan kondisi normal kembali yaitu dengan jarak waktu perjalanan atau headway 30 menit sekali serta waktu tempuh lebih singkat," ujarnya.

Untuk perubahan ini pun, PT Railink juga mengimbau bagi penumpang pesawat udara agar memperhatikan jadwal. Lalu, waktu tempuh yang berlaku sementara ini untuk menghindari kemungkinan keterlambatan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya