Sopir Ngantuk Penyebab Bus Damri Bekasi-Bandara Soetta Celaka di Tol

Bus Damri Kecelakaan di Tol Bandara, Kamis, 23 Januari 2020.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVAnews - Kendaraan bus Damri B 7509 PD dengan rute Bekasi-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengalami kecelakaan di Km 21+000 Jalan Tol Sedyatmo arah Bandara Soeta, pada 23 Januari 2020 pukul 05.27 WIB. Berdasarkan informasi dari Patroli Jalan Raya (PJR) dan pengakuan dari pengemudi bahwa yang bersangkutan mengantuk sehingga hilang kendali.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Akibat dari kecelakaan tersebut, bus Damri yang dikendarai oleh Rinto Arisona (28 tahun) menabrak pembatas jalan antara jalur atas dan bawah, serta menabrak rambu petunjuk arah yang terdapat didiverging (rambu kupu-kupu), sehingga roboh dan menutup jalur bawah dengan posisi akhir kendaraan terbalik miring di antara pembatas jalan dan guardrail jalur bawah.

“Pengemudi mengantuk, sehingga kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan serta tiang rambu kupu-kupu,” kata Manager Area Jasamarga Tollroad Operator, pengelola operasional Ruas Jalan Tol Sedyatmo, Agus Pramono, melalui keterangan resminya, Kamis 23 Januari 2020.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Petugas Jasa Marga segera melakukan evakuasi kendaraan bus Damri dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian. Pukul 08.00 WIB lajur satu dan dua dapat dilintasi.

Saat ini, lanjut Agus, lajur atas dan bawah kembali normal. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan kendaraan derek sebanyak dua unit dan dua kendaraan crane berkapasitas 10 ton dan 25 ton.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Sementara itu, Jasa Marga Regional JabodetabekJabar Division Head, Reza Febriano, mengatakan berdasarkan data tahun 2019, sebanyak 87,14 persen kasus kecelakaan di Jalan Tol Jasa Marga, khususnya Ruas Jalan tol Dalam Kota dan Sedyatmo, disebabkan karena kelalaian pengemudi. Hal ini berdampak fatal bukan hanya untuk pengemudi itu sendiri namun juga merugikan pengguna jalan lainnya.

Reza menambahkan para pengusaha kendaraan umum juga kendaraan lainnya agar memastikan kondisi pengemudi dalam kendaraan prima sebelum melakukan perjalanannya. Sedangkan, untuk pengguna jalan yang akan melintasi Jalan Tol Sedyatmo, khususnya yang menuju ke Bandara Soeta agar dapat mengantisipasi perjalanannya, atau menggunakan alternatif jalan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, satu unit bus Damri dengan nomor polisi B 7509 PD tujuan Bandara Soekarno Hatta, Kamis 23 Januari 2020 pagi mengalami kecelakaan tunggal di Tol Bandara. Hal ini sempat membuat arus lalu lintas di sana tersendat.

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 05.45 WIB pagi tepatnya di Km 21. Kepolisian memastikan kalau kecelakaan ini adalah kecelakaan tunggal. Bus sempat menabrak satu unit rambu penunjuk arah atau jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya