Gantikan Agung, Wakil Ketua DTKJ Jadi Dirut Transjakarta

Donny Andy S Saragih menjadi Dirut PT Transportasi Jakarta (kanan)
Sumber :
  • Transjakarta

VIVA – Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Donny Andy S Saragih menjadi Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, menggantikan Dirut sebelumnya, Agung Wicaksono yang mengundurkan diri. 

Pemprov DKI Bangun Sekolah Pengemudi untuk Sopir Transjakarta

Menurut Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo, penunjukkan Donny telah dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI itu.

"RUPS LB menghasilkan keputusan memberhentikan saudara Agung Wicaksono dari jabatannya sebagai Direktur Utama, dan mengangkat saudara Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama," ujar Nadia di Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020.

Bus Transjakarta Tabrak Pemulung hingga Tewas di Pancoran

Nadia menyampaikan, pemegang saham TransJakarta, yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, juga Jakpro, menilai Donny merupakan sosok yang memiliki kemampuan untuk memimpin TransJakarta. Sebelum menjadi wakil ketua DTKJ, Donny di antaranya pernah menjadi komisaris di Alfa Omega Transport, serta Direktur Operasional di Eka Sari Lorena Transport.

"Pengangkatan saudara Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama didasarkan pada pertimbangan untuk mengembangkan PT Transportasi Jakarta ke depannya, di mana yang bersangkutan memiliki latar belakang pengalaman di bidang transportasi," ujar Nadia.

Kronologi Tabrakan Transjakarta Vs Mercedes Benz di Jaksel

Nadia menerangkan, Pemprov DKI memberi apresiasi atas kinerja Agung sebagai Dirut TransJakarta sejak Oktober 2018. Di bawah Agung, TransJakarta di antaranya melakukan integrasi transportasi dengan KRL, MRT, serta mengalami lonjakan jumlah penumpang dari 188,98 juta penumpang pada 2018, menjadi 264,61 juta penumpang pada 2019.

"Saudara Agung Wicaksono dalam melaksanakan tugasnya dinilai sangat sukses dalam meletakkan landasan integrasi transportasi publik di Jakarta," ujar Nadia.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono mundur dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang mengelola TransJakarta itu. Menurut Agung, ia harus mundur terkait urusan pribadi di keluarganya.

"Saya mengundurkan diri karena alasan pribadi," ujar Agung melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis, 23 Januari 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya