Dinas Pendidikan Jamin Tak Ada Soal UN Bocor

VIVAnews - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menjamin pelaksanaan ujian nasional (UN) dari tingkat SD hingga SMA/SMK pada 22-26 Maret 2010 berjalan aman. Dinas juga menjamin tidak ada soal UN yang bocor, termasuk tidak adanya joki. Sebab pengamanan akan dilakukan dengan ketat, mulai dari proses pencetakan materi ujian hingga pendistribusian ke tangan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, Rabu 3 Februari 2010, mengatakan untuk mencegah kebocoran soal, dinas akan bekerjasama dengan aparat kepolisian dan unit terkait lainnya, melakukan pengamanan.

Percetakan, kata dia, juga harus elit dan steril karena barang-barang yang dicetak itu merupakan bagian dari dokumen negara yang harus rahasia. Perusahaan inipun harus mengikuti prosedur, yakni proses lelang sebagaimana diatur dalam Kepres 80/2003 tentang pengadaan barang dan jasa.

Dikutip dari situs Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sejauh ini pengumuman lelang sudah dilakukan Dinas Pendidikan DKI melalui iklan di sebuah surat kabar pada 25 Januari 2010. Sedangkan pengumuman pemenang lelang belum dilakukan, namun prosesnya saat ini masih berjalan.

Hal yang membuat dinas yakin tidak akan terjadi kebocoran soal adalah selain proses awal dijaga polisi, juga rentang waktu cetak soal dengan pelaksanaan ujian sangat berdekatan. Yakni sejak master soal UN diserahkan ke percetakan hingga pendistribusian materi ke rayon, kurang lebih 26 hari.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Rationo memprediksi jumlah peserta UASBN (ujian akhir sekolah berstandar nasional) SD/MI  adalah sebanyak 155.905 siswa yang berasal dari 3.512 sekolah. Kemudian untuk SMP/MTS adalah 141.156 siswa dari 1.313 sekolah dan SMA/MA adalah sebanyak 60.135 siswa dari 561 sekolah serta SMK sebanyak 64.813 siswa dari 574 sekolah.

“Kami mengimbau kepada seluruh Sudin Dikdas/Dikmen dan seksi-seksi di tingkat  kecamatan, karena pelaksanaan UN ini sistemnya sudah terstruktur dengan baik, harap berperan secara proporsional dan profesional,” katanya.

Dia juga meminta pengelola sekolah untuk menjaga kondisi seluruh siswanya agar tetap bersemangat, optimis, percaya diri, tidak mudah terhasut oleh isu negatif, dalam menghadapi UN.

“Tim sukses UN harus mengajarkan siswa dengan baik. Sekarang kan SKL (standar kompetisi lulusan), bisa diakses melalui internet. Sehingga siswa yang cerdas dapat mengunduhnya dan mempelajari agar dapat memperkirakan materi UN yang akan diujikan,” katanya.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan
Ilustrasi penembakan.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota polisi ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis 25 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024