Remaja Pembunuh Bocah Mau Sekolah Lagi dan Bersedia Rawat Bayinya

Ilustrasi Kak Seto di Markas Polda Jatim
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – NF, remaja yang juga tersangka pembunuhan terhadap seorang bocah siap merawat bayi yang saat ini memasuki usia kandungan 3,5 bulan. Tekad NF untuk merawat bayinya sangat besar meskipun ia tak mengetahui siapa ayah dari bayi yang tengah dikandungnya itu.

Menyongsong Revolusi Pendidikan, Workshop Daring tentang Etika dan Budaya Digital

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi atau yang kerap disapa Kak Seto menceritakan NF berniat mempertahan dan merawat bayi dalam kandungannya. Ia mengatakan demikian setelah bertemu langsung dengan NF. NF diketahui juga jadi korban pemerkosaan 

"Kemarin saya bertemu langsung dengan NF di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Handayani. Betul ada keinginannya untuk merawat bayi yang sedang dikandungnya dan tidak mempersoalkan siapa ayahnya," kata Kak Seto saat dihubungi di Jakarta, Selasa 19 Mei 2020.

1000 Hari Kehidupan Penting untuk Cegah Stunting, Dimulai dari dan Sampai Kapan?

Kak Seto melanjutkan meski NF punya niat baik tersebut, namun secara psikologis ia belum siap mengasuh anak. Karena itu, Kak Seto berharap agar NF bisa didampingi oleh orang dewasa agar dapat merawat anaknya kelak.

"Karena ia tergolong masih belia. Kemudian harus melanjutkan pendidikannya dan juga mendapatkan perlindungan, agar tidak menjadi korban bullying di kemudian hari," ujarnya.

Kepsek SMKN 1 Nisel Ditahan Polisi Terkait Kasus Penganiayaan Siswa, Ini Kata Kadisdik Sumut

Kemudian, kak Seto juga berharap agar sebaiknya jika bayi NF sudah lahir maka dirawat oleh pihak keluarganya. Sebab, bila dibiarkan tak ada yang mengasuh, maka sama dengan menelantarkannya.

"Jangan biarkan bayi itu ikut merasakan penderitaan NF sebagai korban pemerkosaan yang membuatnya melakukan tindakan menyimpang," jelas Kak Seto. 

Cita-cita Komikus

NF diketahui juga punya keinginan segera melanjutkan sekolah demi meraih cita-citanya. Karena memiliki keterampilan menggambar, ia ingin menjadi komikus atau illustrator. 

Menurut Kak Seto, NF ingin terus mengasah bakatnya dalam bidang seni menggambar tersebut.  "Iya memang dia sangat berniat untuk mengenyam pendidikan lagi," kata kak Seto. 

Menurut Kak Seto, NF sendiri memiliki keterampilan dibidang seni lukis dan menggambar karikatur. Tak main-main, NF mau kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). "Dia (NF) merupakan seorang anak yang memiliki hak untuk mengenyam pendidikan" lanjutnya. 

Atas dasar tersebut, kak Seto mengapresiasi tekad kuat NF yang ingin kembali melanjutkan sekolahnya. "Karena itu, tekad kuat tersebut harus didukung bersama dan jangan sampai ada yang mengucilkannya," jelas Kak Seto. 

Pun, saat ini, sambil menunggu proses hukumnya berjalan, NF berada di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Handayani, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Dalam kasus hukumnya, NF adalah tersangka kasus pembunuhan balita berinisial APA. 

Namun, setelah proses penyelidikan berjalan, diketahui NF merupakan korban pemerkosaan. Pihak kepolisian juga sudah menetapkan tiga orang sebagai tersangka pemerkosaan terhadap NF. Tiga pelaku pemerkosaan itu diketahui adalah dua pamannya dan kekasihnya. Tiga pelaku ini akan segera disidang untuk kelakuan bejatnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya