Angkat Kisah Ki Hadjar Dewantara Jadi Film, Maudy Ayunda Debut Jadi Produser

Maudy Ayunda.
Sumber :
  • Instagram @maudyayunda

JAKARTAMaudy Ayunda yang dikenal dengan suara merdu dan jago akting, kini akan segera debut menjadi produser film. Dengan pengalaman dan jam terbang di industri perfilman, Maudy Ayunda juga banyak belajar dari para pembuat film yang ia kenal. Maudy Ayunda bekerja sama dengan sutradara Gina S. Noer dalam pembuatan film berjudul "KHD" yang merupakan singkatan dari nama Ki Hadjar Dewantara.

Joko Anwar Pamit Sementara dari Film Horor Indonesia, Kenapa?

Dalam rangka merayakan bulan pendidikan ini, film KHD akan dibuat dengan mengangkat kisah hidup pahlawan pendidikan Ki Hadjar Dewantara agar sosoknya tetap dikenang dan semakin dikenal oleh anak-anak muda. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Bagi Maudy Ayunda, debut menjadi produser film ini didasari pada pengalaman sendiri sewaktu mengenyam pendidikan di luar negeri. Maudy Ayunda mengaku sangat kagum dengan sosok Ki Hadjar Dewantara yang telah memperjuangkan pendidikan di negeri ini.

Cathy Sharon Ngaku Kangen Akting Tapi Belum Pengin Comeback, Kenapa?

Konferensi Pers Project Film KHD

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

"Dulu sebelumnya waktu saya S2 dan ambil bidang pendidikan, ada banyak nilai pendidikan yang saya sempat refleksikan dan saya sangat percaya betapa pentingnya membangun kecintaan belajar, kepemilikan bagi anak-anak pelajar di dalam kelas, dan lainnya," terang Maudy Ayunda, dalam konferensi pers di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

Luar Biasa! Wanita Ini Sudah Dapat Gelar S3 di Usia 17 Tahun

"Saya juga belajar ternyata nilai ini udah ada di pemikiran KHD. Di situ saya tergerak," tambahnya.

Maudy Ayunda kemudian mencurahkan ide di kepalanya pada sutradara Gina S. Noer untuk mengangkat kisah hidup Ki Hadjar Dewantara ke dalam sebuah film. Sebab, ini merupakan sarana terbaik agar masyarakat Indonesia dari segala lapisan dapat tetap mengingat sosok Ki Hadjar Dewantara beserta perjuangannya.

"Kita percaya kekuatan cerita. Aku udah ada di dunia film dari umur 9 tahun ya. Menurutku banyaknya nilai yang beliau bawa rasanya perlu diceritakan dan disampaikan," paparnya.

Produksi film KHD masih dalam tahap riset, pengembangan cerita, dan penulisan naskah pada 2024. Lalu proses syuting rencananya akan dimulai di tahun 2025. Kemudian, film KHD ini rencananya akan dirilis pada Hari Pendidikan Nasional 2026 sebagai penghormatan atas warisan pendidikan yang ditinggalkan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya