Prabowo Bertekad Ringankan UKT di PTN: Kalau Bisa Sangat Minim atau Gratis

Wawancara eksklusif tvOne dengan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Tangkapan layar tvOne

Jakarta – Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto bertekad untuk meringankan uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) yang kini melonjak naik. 

Peduli Pendidikan Majalengka, Eman Suherman: Penting Cetak Generasi yang Bermanfaat dan Tak Lemah

Hal ini disampaikan Prabowo dalam wawancara eksklusif dengan tvOne bertajuk 'Prabowo Subianto Bicara untuk Indonesia', Rabu, 22 Mei 2024.

"Apalagi di universitas negeri yang dibangun oleh uang rakyat (uang APBN) harus jangan tinggi, kalau bisa sangat minim atau gratis. Ini kita harus hitung dan bekerja keras untuk itu,” kata Prabowo. 

Pakar sebut Lewat Tangan Dingin Prabowo RI Jadi Negara Paling Konkret Bantu Gaza

Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Photo :
  • anakUntad.com

Prabowo pun menyoroti bagaimana sistem di dunia pendidikan berubah secara drastis pasca Orde Baru. Kata dia, dunia pendidikan berubah menjadi industri yang menganut nilai kapitalisme.

Prabowo: Africa Views Indonesia as Role Model for Developing Country

"Jadi berpikirnya bahwa semua itu bisa menjadi market, padahal ini adalah public goods, kewajiban sosial bagi suatu negara," ucapnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu melanjutkan, pihaknya akan mencari cara untuk meningkatkan perbaikan dalam dunia pendidikan di pemerintahan mendatang. 

Salah satu program yang diharapkan membantu menambah penghasilan negara dengan signifikan adalah hilirisasi industri yang dicanangkan Presiden Jokowi selama ini.

“Tentunya kita harus hilirisasi untuk kita dapat nilai tambah dan perbaiki pendidikan kita,” tutup Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya