Cegah Mudik Lebaran, Pemprov DKI Beri Bansos ke 7 Ribu Warga Jateng

Balai Kota Jakarta (Foto Ilustrasi).
Sumber :
  • Ade Alfath - VIVA.co.id

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyumbangkan bantuan sosial (bansos) kepada 7.558 warga Jawa Tengah (Jateng) yang berdomisili di Ibu Kota.

Dishub DKI Bakal Tindak Tegas Juru Parkir Liar Minimarket, Gandeng TNI-Polri Lakukan Razia

Menurut Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Sri Haryati, penyaluran itu merupakan salah satu upaya DKI mencegah warga mudik ke daerahnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Seperti arahan Presiden pada ratas-ratas sebelumnya bahwa diimbau penduduk dari provinsi lain yang ada di Jakarta untuk tetap di Jakarta," ujar Sri di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 20 Mei 2020.

Groundbreaking RDF Plant, Heru Budi: Ini Akan Jadi Salah Satu Pengolahan Sampah Terbesar di Dunia

Sri menyampaikan, penyaluran, termasuk juga pelaksanaan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 33 Tahun 2020 yang memperpanjang PSBB hingga 4 Juni 2020. DKI ingin memastikan kebutuhan dasar warga, baik warga Jakarta, juga luar Jakarta, dipenuhi selama aktivitas ekonomi dibatasi untuk menekan penularan Covid-19.

"Masyarakat dari provinsi-provinsi lain juga banyak yang melakukan aktivitas usaha di sini dan turut meningkatkan perekonomian di Jakarta juga," ujar Sri.

Kendala Cuaca Tak Surutkan Semangat Pos IND Bagikan Bansos PKH dan Sembako di Batam

Sri mengemukakan, selain 7.558 warga Jateng, Pemprov DKI menyalurkan bansos juga ke 55.599 orang pengemudi ojek online (ojol), hingga 12.071 pengurus rumah ibadah di Jakarta. DKI mengklaim seluruh penduduk miskin, juga rentan miskin, bisa dipastikan selalu dipenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya.

"Kami berkomitmen bagaimana kami bisa membantu dengan pemberian bantuan sosial ini. Sehingga, tidak hanya bagi masyarakat ber-KTP DKI Jakarta, tapi juga non-KTP DKI Jakarta yang terdampak secara ekonomi turut mendapat bantuan ini," ujar Sri.
 

Pos Indonesia menyalurkan bansos diantarkan langsung ke rumah

Pos Indonesia Bakal Salurkan Bansos-PKH Buat 44.476 Keluarga Penerima Manfaat di Bali

PT Pos Indonesia (Persero) mengungkapkan, alokasi yang diterima pihaknya untuk penyaluran bantuan sosial (bansos) sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 2.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024