Raih Penghargaan Transportasi, Gembong: Anies Tak Bisa Klaim Sendirian

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono.
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

VIVA – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengakui penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021 yang diraih oleh Jakarta. Dia pun mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi DKI atas penghargaan itu.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Namun demikian, Gembong tidak secara spesifik menyampaikan ucapan selamatnya itu kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

"Atas nama Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat kepada pemerintah provinsi DKI Jakarta yang sudah meraih penghargaan bergengsi ini, walaupun, ada catatannya, ini kan proses panjang," kata Gembong dalam Kabar Petang tvOne, Minggu 1 November 2020.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

STA merupakan ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota yang menunjukkan komitmen, kemauan politik, serta visi dalam bidang transportasi berkelanjutan dan pembangunan perkotaan. Acara seremoni STA Award digelar di Washington DC, Amerika Serikat, Januari 2021 mendatang.

Menurut Gembong, penghargaan yang didapat hari ini bukan hasil kerja baru-baru ini saja, alias bukan hanya di masa kepemimpinan Anies saja. Melainkan juga berdasarkan fondasi yang dicanangkan para pendahulunya, termasuk Presiden Joko Widodo yang pernah menjadi Gubernur DKI.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Jadi Pak Anies ini kan sebetulnya adalah melakukan inovasi atas dasar fondasi yang diletakan oleh pemerintahan sebelumnya," ujar Gembong.

Gembong meminta Gubernur Anies tidak menyatakan sendiri bahwa penghargaan ini merupakan buah kerjanya. Politikus PDIP itu juga menilai Anies masih punya banyak PR dalam menata transportasi Jakarta. "Pak Anies tidak boleh klaim ini hasil keringat saya sendiri, tidak bisa," kata Gembong Warsono.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku bangga terhadap pencapaian DKI Jakarta yang terus berkomitmen untuk mengupayakan sistem transportasi berkelanjutan yang tujuan akhirnya adalah kenyamanan warga.

Karena, Jakarta berhasil meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Kota pemenang STA ini diumumkan saat konferensi transportasi internasional, MOBILIZE 2020 yang digelar secara virtual pada 26, 28 dan 30 Oktober 2020.

Kini, Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota-kota besar dunia, setelah tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar 'Honorable Mention'.

"Alhamdulillah, Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Saya turut berbangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi,” kata Anies, Sabtu, 31 Oktober 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya