Agustinus Woro Berulah Lagi, Kali Ini Panjat Baliho Dekat Mabes Polri

Pria paruh baya naik ke atas papan reklame sambil membentangkan spanduk protes
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fazri

VIVA – Seorang pria paruh baya melakukan aksi memanjat papan reklame di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri di Jalan Trunojoyo No. 3 02/01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 24 November 2020 pagi.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Belakangan diketahui, pria tersebut adalah Agustinus Woro, asal Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sudah beberapa kali melakukan aksi panjat papan reklame di Jakarta. Kali ini, Ia melakukannya lagi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo membenarkan peristiwa tersebut. 

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

"Ia naik ke baliho dengan membawa bendera merah putih dan beberapa spanduk dengan tulisan-tulisan protes," ujar Kompol Sri Widodo, ketika dikonfirmasi, Selasa, 24 November 2020.

Pantauan VIVA, ada tiga spanduk yang dibentangkan pria tersebut sambil mengibarkan bendera merah putih. Sekilas terpampang tulisan di spanduk tersebut soal tuntutan membubarkan partai politik korup dan komunis. 

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

‘Jokowi- Amin, TNI / Polri mahasiswa rakyat raja-raja tokoh adat kepala suku bersama imam besar muslim siap ... bubarkan partai partai pol korup, komunis, gong pancasila’.

Ada juga tulisan kritikan soal ‘Panti sosial cipayung 2-Jkt. Panti paling biadab di dunia lebih kejam dan seram dari penjara komnasham / polri segera sidak terbuka panti bidan tersebut’

Sri menyebut kondisi lalu lintas saat itu ramai Lancar dan situasi kondusif. Saat ini spanduk dan pria tersebut sudah dievakuasi oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan.

Terpisah, Perwira Piket Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Prawito mendapat laporan terkait peristiwa tersebut pada pukul 08.01 WIB melalui call center.

"Terima berita 08:01 WIB dari call center ada orang menaiki baliho, sampai di TKP 08:03 WIB," ujar Prawito.

Setelah mendapatkan laporan langsung menuju tempat kejadian dengan mengerahkan 11 personel dan 1 unit bronto skylift.

Petugas membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk membujuk turun atau mengevakuasi pria tersebut. Sekitar pukul 09:15 WIB, petugas berhasil melakukan evakuasi terhadap orang tersebut dan menurunkan spanduk yang dipasang di baliho.

Seperti diketahui, Agustinus Woro ini sempat beberapa kali berurusan dengan aparat karena aksi nekatnya memanjat papan reklame di Ibu Kota. Berdasarkan penelusuran, Agus Woro ini sudah lebih dari lima kali memanjat baliho.

Pada 2016 pernah memanjat baliho di kawasan Grogol dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tahun 2017, Agus terpantau pernah beraksi naik ke atas baliho bundaran Slipi dan memanjat reklame di kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan. 

Selanjutnya pada 2018, Agustinus juga memanjat tower reklame setinggi 28 meter di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Belum lama ini, Agustinus bikin heboh memanjat papan rambu lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Agustinus beberapa kali melakukan aksi panjat reklame dan baliho di Jakarta sambil mengibarkan bendera dan memajang spanduk menuntut keadilan terkait kematian keponakannya dan isu sosial politik lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya