Pemprov DKI Siapkan Dana Rp5 Triliun untuk Antisipasi Banjir

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ahmad Farhan Faris.

VIVA – Beberapa hari terakhir, intensitas hujan yang terjadi di wilayah Jabodetabek semakin meningkat. Sejumlah wilayah karena itu mulai melakukan persiapan untuk menghadapi adanya banjir tak terkecuali DKI Jakarta.

BNPB: Hujan Ekstrem Diprediksi Terjadi hingga 20 Mei, Warga Sumbar Harus Waspada

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, Pemprov DKI telah melakukan sejumlah langkah antisipasi musibah banjir. Tak tanggung-tanggung, untuk penanganan banjir tahun ini, Pemprov DKI siapkan dana tak kurang dari Rp5 triliun.

"Jadi sekali lagi intensitas hujan semakin tinggi, tahun demi tahun berapa pun besarnya program yang kami anggarkan tidak kurang dari Rp5 triliun ini 2021-2022 terkait penanganan banjir, tapi semuanya berpulang pada kita semua warga Jakarta," kata Riza, Selasa malam 19 Januari 2021.

Korban Jiwa Banjir Bandang Sumbar Bertambah Jadi 44 Orang

Menurut Riza, sejumlah program telah dijalankan oleh Pemprov DKI untuk mengantisipasi banjir antara lain melakukan pengerukan sungai atau pun waduk yang mulai dangkal akibat lumpur.

"Program-program terus kita lanjutkan seperti pengerukan sungai, waduk situ, embung. Kemudian juga kita membuat drainase vertikal, sumur resapan, pompa pompa air kita perbaiki kita buat folder dan lain sebagainya," kata Riza.

Kendaraan Banyak Mogok Gara-gara Hujan di Tangerang

Pemprov juga berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat agar ikut serta menjaga lingkungan. Riza meminta seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai atau di sembarang tempat yang dapat menghambat aliran air.

"Tidak kalah penting adalah kesadaran seluruh warga Jakarta untuk tidak membuang sampah bukan pada tempatnya. Sejak awal kami juga minta memastikan selokan di sekitar rumahnya bersih dan membuat sumur-sumur resapan," ujarnya lagi.

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati

Kepala BMKG: Pencarian Korban Banjir Lahar Hujan Sumatra Barat Efektif saat Pagi

Kepala BMKG mengungkapkan pencarian para korban banjir lahar hujan yang hilang di Sumatra Barat lebih efektif jika mulai dilakukan saat pagi hingga siang hari.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024