Pesta Sabu Diduga di Rutan Salemba Viral, Karutan Akan Gencarkan Razia

Ilustrasi Penjara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Sebuah video para narapidana diduga di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba yang tengah pesta sabu viral di media sosial. Karutan Salemba Yohanis Varianto mengaku sudah mengeceknya.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

"Langsung kami cek dan mempelajari video yang beredar tersebut. Semua sudah bergerak atas hal itu," kata Yohanis saat dikonfirmasi, Jumat, 29 Januari 2021.

Yohanis menduga peristiwa di dalam video tersebut sudah lama terjadi. Ia sendiri baru menjabat sebagai kepala Rutan Salemba pada awal Januari 2021.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

"Ada kemungkinan kejadian itu sebelum saya menjabat sebagai Karutan. Karena setelah kami cek, sekarang sudah tidak ada lagi," katanya.

Baca juga: Viral Pesta Sabu Diduga di Rutan Salemba, Demo Tuntut Kakanwil Mundur

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Meski begitu, instansinya akan terus melakukan pemeriksaan lebih mendalam. Terlebih, sejak menjabat, ia mengklaim terus memerangi narkoba.

"Kami akan terus meningkatkan razia di dalam rutan dan kamar-kamar warga binaan. Apalagi selama saya menjabat, hampir setiap minggu kegiatan itu kami gelar," kata Yohanis.

Yohanis menambahkan, dia dan jajarannya tengah membenahi apa yang ada di dalam rutan Salemba. Komitmen itu juga sudah disampaikan kepada seluruh petugas yang ada.

"Jajaran kami siap untuk perang terhadap narkoba. Kami punya komitmen untuk memberantas itu," katanya.

Sebuah video pesta sabu di dalam bilik penjara viral di media sosial dan menjadi perbincangan. Aksi itu terjadi diduga di Rumah Tahanan (rutan) Salemba, Jakarta Pusat.

Video berdurasi 1.19 detik itu diduga direkam oleh salah seorang napi yang ada di ruangan. Ada enam orang penghuni rutan Salemba dengan santainya melakukan pesta sabu.

Tampak dari pria yang berada di posisi kanan dan sambil nongkrong membakar sabu dengan sedotan panjang yang terlihat. Meski di ruangan ada beberapa orang, namun tak ada satupun yang berani mendekat ataupun menegur pesta sabu yang digelar.

Semua napi yang ada hanya duduk santai melihat mereka yang tengah berpesta. Ada juga mereka yang sibuk sendiri sambil menghisap rokok dan tak mengenakan baju.

Sementara beberapa napi terlihat berdiri di depan pintu entah berjaga atau memang tak berani masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya