Banjir di Kebon Jeruk Rendam 6 RT, Paling Tinggi Capai Satu Meter

Banjir di Pesing Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito/tangkapan layar video

VIVA – Ratusan rumah warga di kawasan Pesing yang berlokasi dekat kali di Jalan Raya Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat direndam banjir pada Senin 8 Februari 2021. Ketinggiannya bervariasi, mulai dari setinggi betis orang dewasa hingga ada yang mencapai 1 meter.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Air yang merendam pemukiman warga ini akibat hujan deras sejak malam tadi. Salah satu warga menceritakan bahwa sejak pukul 03.00 WIB air sudah masuk ke rumah warga sekitar.

Bahkan, air yang sudah sampai sampai sedengkul orang dewasa, ditambah lagi dengan hujan yang tidak berhenti sejak pagi tadi. Ini membuat rumah warga lain juga terendam sampai 1 meter.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Ya setiap hujan gede. Kemarin di dalem rumah sedengkul. Sudah 3 hari ini selama hujan gede," ujar warga yang enggan di sebutkan namanya, Senin 8 Februari 2021.

Baca juga: Viral, Polisi Gagal Tilang Pengendara di Tol Gara-gara Punya CCTV

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Warga tersebut kini berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menanggulangi banjir agar tidak merendam permukimannya lagi. Warga mengaku takut anaknya yang masih kecil terkena penyakit diare dan penyakit kulit.

"Harapannya biar enggak banjir-banjir lagi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Camat Kebon Jeruk, Agus Setiawan mengatakan, banjir telah merendam 6 RT dan 1 RW di sana. Banjir paling tinggi di sana mencapai 1 meter karena berbatasan dengan kali Angke yang belum dinormalisasi.

"Baru tadi pagi, hujan deras tadi malem. Curah hujan di hulu juga tinggi," ujarnya.

Agus mengatakan, sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi ke tempat lain dan memilih tetap bertahan. Namun, apabila ada warga yang mau mengungsi pihaknya akan menyiapkan tempat.

"Kita usahakan lokasi pengungsian sesuai prokes jangan sampai nanti terjadi penularan di lokasi pengungsian. Poskonya ada di masjid disiapkan lumayan tinggi, bebas dari genangan air," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya