Cipinang Melayu Jaktim Terendam Banjir Sampai Satu Meter

Banjir di Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus (Jakarta)

VIVA – Hujan deras masih terus mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya hingga siang ini. Akibatnya, permukiman warga di RT 001 RW 003 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur terendam air hingga setinggi satu meter.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Rahmat, warga sekitar mengatakan, air mulai naik pada Selasa, 16 Februari 2021 dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB. Banjir sendiri diakibatkan karena curah hujan yang deras, serta saluran drainase tidak berfungsi dengan baik.

"Ini akibat luapan saluran PHB (penghubung) Sulaiman yang berada di sini dekat rumah warga. Mungkin salurannya sudah tidak berfungsi dengan baik," kata Rahmat di Makasar, Jakarta Timur, Selasa siang.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Baca juga: Pajak Mobil Turun Maret 2021, Pendapatan Negara Hilang Rp2,3 Triliun

Akibat terendam banjir, lanjut Rahmat, akses jalan menuju permukiman warga pun ikut terganggu. Beberapa kendaraan bermotor yang hendak melintas harus mematikan mesin kendaraan dan mendorong kendaraan bermotornya.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Iya, kayak gini kalau hujan deres pasti banjir. Itu kalau ke dalam lagi, arah belakang jalan ini tingginya sampai 1 meter," lanjutnya.

Menurutnya, dalam dua minggu terakhir di wilayah ini, Kecamatan Makasar di RT 001/03 Jakarta Timur sudah sembilan kali terendam banjir. Ironisnya, RT 001/03 merupakan wilayah yang disebut Gubernur Anies sebagai wilayah bebas banjir.

"Iya yang bebas banjir itu kemarin RW 03 sama RW 04, tapi di sini enggak begitu ceritanya. Kita di sini setiap hujan turun pasti kena banjir," ungkap Rahmat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya