Disuntik Vaksin COVID-19, Pedagang Pasar Tanah Abang: Sehat-sehat Saja

Pedagang Pasar Tanah Abang disuntik vaksin COVID-19.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

VIVA – Sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang telah selesai disuntik vaksin Sinovac COVID-19. Setelah divaksin, para pedagang diminta untuk menunggu selama 30 menit untuk mengetahui efek samping dari vaksin tersebut.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Salah satu penerima vaksin Tjiu Bun Kong, diminta duduk di tempat yang sudah disediakan, dekat dengan tempat pelaksanaan vaksin. Ia menunggu selama 30 menit untuk mengetahui efek samping dari vaksin tersebut sebelum pulang dan beraktifitas lagi.

"Saya kurang tahu ini apa, tapi disuruh tunggu setengah jam. Katanya mau lihat efek sampingnya. Tapi sejauh ini masih aman, enggak ada efek apa-apa yang saya rasakan, sehat-sehat aja," kata Tjiu di Pasar Tanah Abang, Rabu, 17 Februari 2021.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan, para penerima vaksin tersebut hanya menunggu saja. Ia meminta, agar para penerima vaksin ini tidak perlu ketakutan atau khawatir setelah divaksin. Sebab vaksin tersebut telah melalui tahap uji coba yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

"Tidak ada, harus nunggu aja 30 menit. Biar kalau ada efek samping yang berbahaya, bisa langsung ditangani. Tetapi, tidak perlu khawatir, karena vaksin ini diperlukan untuk menjaga diri dan keluarga dari penularan COVID-19," ujar Maxi.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Para pedagang ini harus melalui beberapa tahapan sebelum menerima vaksin COVID-19. Pertama, penerima vaksin harus melewati tahap verifikasi oleh tim Pasar Jaya.

Setelah itu, penerima vaksin harus menunggu di tempat yang telah disediakan. Lalu, akan pendataan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Tahap selanjutnya adalah penerima vaksin harus melakukan skrining kesehatan untuk memastikan tubuh siap menerima suntikan. Tahapan ini dilakukan beberapa hari sebelum vaksin disuntikkan.

Setelah melewati tahapan-tahapan tersebut, pada pedagang akan menerima kupon untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Penerima vaksin akan siap untuk disuntikkan Vaksin COVID-19 Sinovac setelah diverifikasi.

Pemerintah hari ini memulai vaksinasi COVID-19 tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan publik, termasuk pedagang Pasar Tanah Abang. Setidaknya ada 55 ribu orang pedagang pasar di Tanah Abang yang menerima suntikan Vaksin Sinovac selama lima hari, terhitung mulai hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya