Cari Besi di Kali Cipinang, Pria Ini Temukan Benda Diduga Mortir

Benda diduga mortir yang ditemukan pencari besi di Kali Cipinang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

VIVA – Warga RW 02, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur digegerkan dengan penemuan sebuah benda diduga mortir di aliran Kali Cipinang, Senin sore, 1 Maret 2021. Mortir tersebut ditemukan oleh seorang pencari besi saat sedang menyusuri Kali Cipinang.

Rheinmetall akan Kirim Lebih dari 100.000 Peluru Mortir ke Spanyol

Yudi, penemu benda diduga mortir tersebut mengatakan, saat itu, ia sedang mencari besi dengan menyusuri aliran Kali Cipinang. Yudi membawa serta peralatan untuk mencari barang rongsokan dan menemukan benda yang diduga mortir di tengah aliran kali. Pada awalnya, dia mengira benda tersebut adalah besi tua yang terbawa arus.

"Ketika diraba moncongnya beda, kalau moncong begini ada baling-balingnya di bagian belakang. Saya berpikir kalau balingnya ini kalau tidak bom, ya mortir," kata Yudi saat dikonfirmasi.

Gudang Peluru TNI AD Meledak, Granat Telempar ke Perumahan Kota Wisata

Melihat benda asing tersebut, Yudi kemudian memanggil seorang temannya untuk membantu memindahkannya dari tengah aliran kali. Ia memindahkan barang tersebut lantaran takut nantinya akan menimbulkan ledakan.

"Takutnya ada kontraktor yang mengerjakan galian atau alat berat takutnya masih aktif dan meledak. Jadi dipindahin ke tempat yang aman," ujarnya.

10 Orang Luka-luka Akibat Ledakan di Markas Gegana Brimob Surabaya

Warga kemudian melaporkan temuan diduga mortir tersebut ke pihak kepolisian. Tim Gegana dari Polda Metro Jaya telah membawa mortir temuan pencari besi tersebut untuk diidentifikasi.

Sebuah Mortir berjenis Fragmen M57 yang masih aktif, berhasil ditemukan di wilayah Kamal, Kalideres, Jakarta Barat pada Minggu 21 April 2024.

Mortir Aktif Ditemukan di Kalideres, Jenis Fragmen M57 Buatan Yugoslavia

Sebuah mortir aktif jenis Fragmen M57 ditemukan di Kalideres, Jakarta Barat oleh warga yang ingin mencuci kaki.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024