Musrenbang 2021, Anies Ingatkan Jajarannya Soal Program Prioritas DKI

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota/Kabupaten Administrasi DKI Jakarta Tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring, Senin, 29 Maret 2021.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Anies meminta jajaran Bappeda DKI untuk membuat sistem informasi aspirasi.

Sistem informasi ini bertujuan agar masyarakat mengetahui aspirasi mana yang sedang dikerjakan, dan aspirasi mana yang membutuhkan waktu untuk mengerjakannya sehingga masyarakat dapat memantau kinerja pemerintah.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

“Masyarakat kini memiliki kesadaran bahwa tak mungkin semua hal dikerjakan saat ini juga. Pembangunan perlu waktu dan prioritas, tapi itu bukan berarti kita tidak menginformasikan,” kata Anies.

Ia menekankan agar dalam Musrenbang kali ini juga membahas bagaimana mewujudkan program prioritas yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Di mana setiap usulan dan aspirasi di tiap-tiap kota/kabupaten administrasi nantinya juga harus sinkron dengan kebijakan provinsi.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

“Saya ingin memastikan saja, semua janji (program prioritas) harus dipastikan terlaksana karena itu komitmen yang sudah diterjemahkan ke RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Itu harus dipastikan berjalan dengan baik karena menyangkut kebutuhan dasar masyarakat,” ujarnya.

Anies juga memberikan arahan agar seluruh jajaran mengoptimalkan anggaran yang ada. Sebab, seperti diketahui ekonomi di Jakarta mengalami kontraksi luar biasa karena pandemi dan pembatasan kegiatan yang diterapkan guna menekan penyebaran virus COVID-19.

“Di masa pandemi ini kita alami kontraksi ekonomi luar biasa, sehingga yang menjadi prioritas kita adalah dengan anggaran yang ada seoptimal mungkin untuk kepentingan masyarakat (terutama pemenuhan kebutuhan dasar)," katanya.

Sekaligus, lanjut Anies, sebisa mungkin menyiapkan stimulus untuk menggerakkan perekonomian. "Jika ekonominya bergerak maka akan juga memberikan manfaat bagi kita melalui pajak," ujarnya.

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya