Usai Kawasan Digital Hub, Tangerang Akan Miliki Ekosistem Startup

Kawasan Digital Hub di Cisauk Kabupaten Tangerang
Sumber :
  • Sinas Mas Land

VIVA – Terus meningkatnya kebutuhan terhadap property technology atau proptech seperti smart city, smart home dan Internet of Things (IoT), membuat pengembang berlomba-lomba membuat tema serupa untuk produk propertinya.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Seperti yang dilakukan oleh Sinar Mas Land. Pengembang itu akan mengembangkan proptech di wilayah Kabupaten Tangerang. Sebelumnya, wilayah Tangerang telah memiliki kawasan Digital Hub, dan kini kembali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan teknologi properti.

Pada pengembangan itu akan disediakan sarana dan prasarana bagi perusahaan rintisan, pusat pendidikan, komunitas hingga perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi digital. 

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Lalu, dalam fasilitasi bidang ini tidak hanya melalui bangunan dan infrastruktur tapi juga melalui berbagai kegiatan dan inisiatif, salah satunya Digital Hub Next Action (DNA).

"DNA ini merupakan gerakan dalam ekosistem startup untuk memacu kemajuan perusahaan-perusahaan rintisan khususnya di bidang proptech. Kenapa kita pilih Tangerang, karema seperti diketahui  Tangerang sudah kita hadirkan kawasan Digital Hub, jadi tinggal dikembangkan saja," kata Chief of Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap, Sabtu, 5 Juni 2021.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Lanjutnya, gerakan ini mengakselerasi berbagai jenjang usaha rintisan. Mulai dari tahap inisiasi atau ideation, tahap pendanaan atau investment, hingga tahap incubation and acceleration, dimana perusahaan rintisan didampingi hingga dapat meluncurkan produk dan meneruskan bisnisnya.

Nantinya, akan melengkapi ekosistem Digital Hub BSD City dengan tiga program utama, yakni program Disrupto Digital Hub yang fokus sebagai epicenter inovasi, program Escalate pada tahap akselerasi, dan program Incuba yang berfokus pada tahap inkubasi. 

DNA sendiri diharapkan dapat memberikan inkubasi dan akselerasi bagi perusahaan rintisan secara nyata. "Diharapkan, DNA secara nyata dapat menggiring kesuksesan perusahaan rintisan dan bergabung dengan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka yang berada di ekosistem Digital Hub BSD City," ujarnya.

Menurutnya, Disrupto merupakan salah satu rekanan Digital Hub dalam gerakan DNA. Disrupto merupakan sebuah ekosistem pemikiran inovatif bagi generasi muda untuk menjawab tantangan hidup manusia di masa depan yang dijalankan dalam beberapa bentuk aktivasi, festival, multipurpose venue, serta media online.

"Disrupto Digital Hub ini sebagai multipurpose venue untuk mempertemukan para praktisi teknologi, sains, startup, serta pelaku bisnis digital dan kreatif lainnya, dengan menawarkan program exhibition, workshop dan talkshow secara reguler," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya