Brigjen Pandowo Kasih Kabar Terbaru soal Vaksin Merdeka Aglomerasi

Wakapolda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Hendro Pandowo
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA – Polda Metro Jaya hampir satu bulan lamanya menggelar program Vaksinasi Merdeka Aglomerasi yang menyasar wilayah penyangga Ibu Kota. Hal tersebut dimulai sejak awal bulan September. Pada salah satu wilayah penyangga Jakarta yaitu Tangerang, diketahui sudah ada lebih dari satu juta warga divaksinasi.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Wakapolda Metro Jaya, Brigadir Jenderal Polisi Hendro Pandowo meninjau langsung lokasi Vaksinasi Merdeka Aglomerasi di kawasan Tangerang dan Karawaci, hari ini, Rabu 29 September 2021. Hendro menyebut, wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota punya sebanyak 104 gerai vaksinasi. Mereka punya target vaksinasi di sana sebanyak 1,4 juta orang.

"Jumlah gerai vaksinasi di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota sebanyak 104 gerai, target vaksinasi sebanyak 1,400.000 juta orang dan sampai dengan saat ini sudah tercapai 1.200.000 orang,” ujarnya kepada wartawan, Rabu 29 September 2021.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menambahkan, program ini merupakan inovasi dari Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran. Di mana, program ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya. Yusri mengklaim sejak bergulir dari tanggal 1 September lalu, program ini sudah membuahkan hasil baik. Kata dia, update hari ini program tersebut berhasil memvaksin antara 30-40 persen warga aglomerasi.

"Kapolda Metro Jaya membuat satu inovasi lanjutan bernama Vaksinasi Merdeka Aglomerasi untuk percepat vaksinasi di penyangga. Update sampai dengan hari ini rata-rata aglomerasi 30-40 persen ini kita berhasil memvaksin warga aglomerasi," kata Yusri.

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk di wilayah Bekasi Kabupaten, program ini berhasil memberikan vaksin hingga 56,25 persen, Bekasi Kota 63,66 persen, Depok 55,08 persen, Tangerang Kota 81,43 persen dan Tangerang Selatan mencapai 69,02 persen. Yusri memastikan kalau stok vaksin dalam program ini selalu tersedia. Polda Metro juga berharap program ini dapat memberikan vaksin ke warga aglomerasi hingga 70 persen.

"Harapan vaksinasi merdeka aglomerasi ini nanti sudah bisa 70 persen minimal yang tervaksin. Ini upaya kita membuat wilayah hukum Polda Metro Jaya menjadi herd immunity,” katanya lagi.

Untuk diketahui, program Vaksinasi Merdeka di Jakarta berjalan dari 1 Agustus hingga 17 Agustus 2021. Lewat kegiatan ini, ditargetkan seluruh warga Ibu Kota telah mendapat vaksinasi COVID-19 minimal dosis 1, sehingga kekebalan komunitas ldi Ibu Kota bisa terbentuk. Gerai vaksinasi disediakan di 900 RW seluruh wilayah DKI Jakarta.

Setelah tahap vaksin dosis pertama rampung, Polda Metro Jaya melanjutkan program Vaksinasi Merdeka untuk dosis kedua, pada awal September 2021. Stok vaksin untuk dosis kedua diklaim cukup. Pada vaksinasi dosis kedua, bukan hanya Ibu Kota sasarannya. Daerah penyangga Jakarta juga akan diserbu Vaksinasi Merdeka.

Baca juga: Garang ke Anies, Begini Reaksi Giring Disuruh Kritik Luhut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya