Dugaan Penyebab Gardu PLN Kebon Jeruk Terbakar

Gardu PLN di Kebon Jeruk Jakbar terbakar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

VIVA – Kebakaran melanda gardu PLN Kebun Jeruk Jakarta Barat terbakar, Kamis 7 Oktober 2021 pagi, sekitar pukul 07.30 WIB. Salah seorang petugas Damkar Jakarta Barat menduga kuat kejadian kebakaran gardu tersebut akibat korsleting arus pendek tegangan tinggi.

Ukur Diri Dulu, Gak Semua Orang Bisa Punya Mobil Listrik

Akibat dampak terbakarnya gardu PLN Kebun Jeruk tersebut, sempat membuat mati listrik di beberapa wilayah yang ada di Sekitar Kebun Jeruk Jakarta Barat.

Komandan Insiden Pemadam Kebakaran Jakarta Barat Sukiman mengatakan, berdasarkan pemeriksaan pihaknya yang tiba di lokasi kejadian, kejadian terbakarnya gardu PLN tersebut diduga akibat kontraksi korsleting listrik bertegangan tinggi.

Anak Buah Luhut Sebut Lebih Cocok Mobil Listrik, Hidrogen Buat Bus dan Truk

"Untuk kebakaran itu awalnya dari gardu 2, itu sudah menyala kemudian menyambar ke perkantoran," ujar Sukirman ditemui di lokasi gardu terbakar, Kamis 7 Oktober 2021.

Sukiman mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 14 unit unit mobil pemadam kebakaran dengan 70 personel ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

PLN Indonesia Power Siapkan Ragam Listrik EBT untuk Kebutuhan 35 Tahun ke Depan

"Mulai operasi menuju lokasi tadi kami 07.28 WIB," ujarnya.

Sukiman mengatakan besarnya gardu menjadi kendala damkar dalam proses pemadaman. Selain itu, titik lokasi yang berbelit dan berisiko sempat membuat membuat petugas Damkar kesulitan.

"Karena ini yang terbakar gardu yang berhubungan dengan gardu besar jadi itu sangat sulit untuk menangani karena ada minyak dan memang harus kita padamkan dengan wipol. Jadi tidak cukup dengan air aja," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya