Kondisi Masinis LRT Jabodebek yang Tabrakan di Cibubur

Kereta LRT Jabodebek diangkat ke jalurnya di Stasiun Cibubur, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVAnews/Rifki Arsilan

VIVA – Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, kondisi masinis yang mengalami tabrakan antara Lintas Rel Terpadu (LRT) saat uji coba trainset 20 dan trainset 29 di Cibubur, Jakarta Timur pada Senin, 25 Oktober 2021, dalam kondisi sadar.

Teuku Rifnu Wikana Ungkap Kronologi Tabrak Lari yang Menimpa Keluarganya

“Masinisnya Alhamdulillah tidak apa-apa, luka ringan di rumah sakit masih sadar. Berarti keretanya kuat,” kata Budi dalam keterangannya pada Senin, 25 Oktober 2021.

Ia menjelaskan, kecelakaan antara trainset 20 dan trainset 29 LRT Jabodetabek di Stasiun Ciracas dan Stasiun Harjamukti atau sekitar Cibubur, Jakarta Timur dalam rangka pengujian-pengujian. Besok, kata dia, trainset 29 akan diuji oleh tim dari PT Kereta Api Indonesia.

ABG 16 Tahun Nyetir Yaris, Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi

Baca juga: BKN Ungkap Modus Kecurangan saat Tes CPNS 2021

“Karena rangkaian ini tersebar diantara Stasiun Harjamukti, ini rangkaian trainset 29 persis tengah-tengah terus diambil satu persatu langsung masuk. Dan trainset 20 itu pada saat trainset 29 dari Ciracas mau bergabung ke arah Harjamukti, terjadi benturan,” ujarnya.

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

LRT Cibubur.

Photo :
  • Repro video.

Menurut dia, tabrakan kereta tersebut diduga akibat human error, dimana masinis kelebihan kecepatan. Namun, pihaknya masih menunggu hasil investigasi yang akan dilakukan oleh Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Tapi itu nanti akan ditentukan hasil investigasi KNKT. Indikasi awal sesuai situasi di lapangan seperti itu,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya