Banjir 2 Meter Genangi Pemukiman Warga Kebon Pala

(Foto Ilustrasi) Banjir di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Hujan yang mengguyur Jakarta dan wilayah penyangga Ibu Kota pada Minggu kemarin, membuat permukiman warga di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, kembali terendam banjir. Kali ini ketinggian air mencapai 1,5 hingga 2 meter.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Joni, warga sekitar mengatakan, banjir tersebut diakibatkan meluapnya Kali Ciliwung yang berada tak jauh dari pemukiman warga. Sehingga, sebagian warga terpaksa meninggalkan rumahnya dan mengungsi.

"Banjir dari kemarin belum surut, ini airnya terus naik. Sekarang ketinggiannya satu meter setengah sampai dua meter," kata Joni, Senin 8 November 2021.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Terobos Banjir Untuk Beli Kebutuhan Pokok

Kendati ketinggian air mencapai dua meter, menurut Joni, sejumlah warga masih ada yang bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing. Untuk memenuhi kebutuhan pokok, warga harus berjibaku menggunakan pelampung buatan dari ban bekas untuk menerjang banjir.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Belum banyak yang ngungsi, kita masih bertahan di lantai dua. Buat makan sama minum harus beli ke warung, turun pakai ban bekas," jelasnya.

Sebelumnya, Bendung Katulampa pada Minggu malam sempat berstatus siaga 3, disusul dengan pos pantau Depok berstatus siaga 2. Akibatnya, dalam kurun waktu enam jam, air yang melintasi Kali Ciliwung pun meluap dan mengakibatkan rumah warga di Kebon Pala terendam banjir.

"Banjir dari Minggu sore, terus air makin tinggi itu Senin dini hari. Sebagian warga sudah mengungsi tapi kebanyakan bertahan di lantai dua. Sekarang yang dibutuhkan itu makanan sama pelampung," ungkap Joni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya