Sampah di Kali Dadap, Pemkab Tangerang: Kiriman Bogor dan Tangerang

Puluhan ton sampah yang menumpuk di Kali Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Puluhan ton sampah menumpuk di Kali Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Sampah tersebut nyatanya hasil dari kiriman sampah wilayah Jakarta, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Kemasan Guna Ulang Dinilai Perlu Digalakkan untuk Kurangi Timbunan Sampah Plastik

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik, Selasa, 16 November 2021.

"Sampah dari hulu terus ke hilir mengalirnya. Nah posisi Dadap ada di hilir, bisa dibayangkan semua aliran sungai ke kali Perancis Dadap semua, dan hulunya ini dari Bogor, lewatin Tangerang Selatan, lalu Kota Tangerang, jadi sampahnya ya dari sana," katanya.

Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

Fenomena ini pun nyatanya sudah kerap terjadi setiap tahunnya, apalagi bila adanya banjir rob yang melanda wilayah pesisir utara Kabupaten Tangerang tersebut.

"Ini sudah terjadi setiap tahunnya, apalagi sehabis banjir rob," ujarnya.

Toyota Eco Youth 2024: Berkat Sampah Bisa Ketemu Barack Obama

Hingga kini, petugas pun masih bersiaga di lokasi untuk mengangkut sampah-sampah yang didominasi oleh kayu-kayu hingga limbah rumah tangga.

"Kita masih siagakan petugas di sana, lalu untuk alat berat kita terjunkan ekskavator amfibi, untuk mempercepat proses pengangkutan sampah," ungkapnya.

Untuk diketahui, sebanyak 80 ton sampah yang telah diangkut dan dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir. (Ant/Antara)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya