Toyota Eco Youth 2024: Berkat Sampah Bisa Ketemu Barack Obama

Toyota Eco Youth ke-13
Sumber :
  • VIVA Otomotif

Jakarta, Selasa 30 April 2024 – Sampah sudah lama menjadi masalah lingkungan, baik di Indonesia maupun secara global. Benda yang dianggap sudah tidak berguna itu dibuang dan mengotori permukaan bumi.

Mobil Listrik Toyota dan Lexus Kurang Laku di RI, Tapi 'Ngotot' Masih Jualan

Bukan hanya itu, sampah juga menjadi salah satu sumber dari kerusakan lingkungan dan beragam penyakit. Mengatasinya membutuhkan upaya yang tidak hanya sebentar, namun juga membutuhkan partisipasi dari semua pihak.

Bagi sebagian orang, mengelola sampah juga bisa mendatangkan kejutan yang tidak disangka. Salah satu contohnya, yang dialami oleh Swietenia Puspa Lestari.

Nyesek Banget Baru Turun Pelat Nomor Alphard Tabrak Pohon, Kok Bisa?

Perempuan yang akrab disapa Tenia itu merupakan aktivis lingkungan, sekaligus pendiri dari Divers Clean Action. Berkat upayanya sejak 2015, ia tidak hanya berhasil membuat laut menjadi lebih bersih namun juga bisa bertemu dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Swietenia Puspa Lestari

Photo :
  • VIVA Otomotif
Penjualan Mobil Nasional April 2024 Kembali Anjlok, Merosot 28,4 Persen

“Jadi waktu itu diundang ke acara Obama Foundation Leaders Forum di Malaysia, dan bisa bertemu Barack Obama. Engga nyangka juga,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif di acara Toyota Eco Youth ke-13 di Jakarta Barat.

Tenia merupakan salah satu pembicara, yang diundang ke acara TEY 2024. Dengan tema EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi, kompetisi proyek dan inovasi perbaikan lingkungan hidup ini fokus pada upaya dekarbonisasi dan mengajak generasi muda di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.

TEY ke-13 menekankan pentingnya peran generasi muda dalam menjaga kelestarian bumi. Kompetisi ini mendorong para siswa SMA sederajat untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengatasi perubahan iklim dan mencapai netralitas karbon.

“Partisipasi aktif generasi muda dapat diwujudkan melalui aktifitas TEY ke-13 sebagai media inspirasi bagi inisiatif dan kreativitas untuk mengembangkan ide-ide sederhana menjadi inovasi dekarbonisasi, yang bermanfaat secara nyata bagi lingkungan sekitar,” tutur Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya