Anies Kagum Lighting JIS Bisa Ikuti Ritme Suara Konser Musik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saaat ujicoba lighting dan audio JIS
Sumber :
  • Antara

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal kecanggihan lighting Jakarta International Stadium (JIS), sembari menikmati penampilan vokalis band Padi Andi Fadly Arifuddin atau yang akrab disapa Fadly Padi, pada Sabtu malam, 11 Desember 2021. Anies merasakan sendiri kecanggihan sistem audio dan pencahayaan di JIS. 

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Sejauh ini nampaknya baik, dan barangkali nanti akan menjadi salah satu rujukan sebuah tempat dengan sistem pencahayaan dan sistem suara yang luar biasa," kata Anies

?Pada kesempatan itu, Fadly diminta menjajal lighting dan audio JIS dengan menyanyikan sejumlah lagu Padi berjudul Harmoni dan Mahadewi dengan kilauan lampu JIS seakan mengikuti ritme lagu yang diputar di dalam stadion yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok tersebut.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Menurut Fadly, sistem audio dan pencahayaan JIS sangat luar biasa. Terlebih karena stadion tersebut berkelas dunia yang dibangun oleh tangan arsitek Tanah Air.

"Sound system dan lightingnya luar biasa. Tidak perlu lagi jauh-jauh ke Stamford Bridge. Karena di Jakarta, kita memiliki JIS yang dibangun sendiri oleh anak bangsa," ungkap Fadly.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Selanjutnya, Fadly pun menyanyikan satu lagu lagi berjudul Rumah Kita untuk menghibur penonton yang didominasi karyawan dan pekerja proyek JIS yang sedang bekerja malam itu.

Fadly Padi menjajal sound system di Jakarta International Stadium (JIS)

Photo :
  • ANTARA

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Aset Jakpro Gunung Kartiko mengatakan bahwa meski JIS dirancang sesuai dengan standar FIFA, namun stadion megah itu juga siap untuk penyelenggaraan acara hiburan lainnya.

"Dan memang sedang kami jadwalkan (tahun depan), di stadion ini ada aktivasi nantinya setiap bulan, selain bola tentunya, akan ada konser baik lokal maupun artis internasional," ujar Gunung.

Saat ini, pembangunan JIS sudah mendekati 90 persen atau sekitar 87,85 persen. Namun masih terdapat pekerjaan yang berjalan dan diselesaikan secara paralel.

"Diharapkan akhir Maret itu bisa siap, dan nanti Insya Allah di April, awal April kami bisa grand launching. Dan selain bola, nanti akan kami siapkan acara khusus untuk grand launching stadion ini," ungkap Gunung.

Ikut Ritme Suara

Gunung Kartiko menambahkan sistem lighting atau lampu di JIS memiliki keunggulan bisa mengikuti ritme suara saat konser musik. "Jadi tidak hanya terang, tapi bisa mengikuti irama sesuai program yang kita buat," imbuhnya

Menurut Gunung, saat ini lampu yang terpasang di dalam stadion belum semuanya. Masih ada beberapa lampu yang belum terpasang.

Dirut PT Jakpro Widi Amanasto (kedua kiri) berdiri di bawah sorot lampu JIS

Photo :
  • Antara

Jakpro selaku pelaksana proyek JIS juga menguji coba kekuatan sistem audio di dalam stadion. Beberapa jenis suara musik, baik suara yang terendah (bass), yang tertinggi (treble), diuji coba.

Uji coba sistem audio dan pencahayaan JIS tersebut adalah yang kedua, di mana saat itu Anies mengatakan, ingin merasakan sendiri bagaimana sistem audio dan pencahayaan di dalam JIS berfungsi secara baik.

JIS meskipun dirancang sesuai standar pertandingan sepakbola FIFA, juga dicanangkan sebagai arena yang dapat difungsikan untuk berbagai even, termasuk konser musik. Jakpro sedang menjadwalkan aktivasi kegiatan selain sepakbola di stadion tersebut setiap bulan mulai tahun depan.

"Selain sepak bola, akan ada konser musik baik artis lokal maupun internasional. Diharapkan akhir Maret 2022 sudah siap. Insya Allah pada April, kami bisa grand launching," kata Gunung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya