Bamsoet Sindir Ketua DPRD DKI Soal Formula E

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto/Instagram/Bamsoet)
Sumber :
  • U-Report

VIVA - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo berharap Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyetujui ajang balap internasional Formula E yang akan digelar di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Permintaan itu disampaikan Bamsoet saat menghadiri Street Race Polda Metro Jaya yang diadakan oleh Polda Metro Jaya di Kawasan Ancol, Minggu 16 Januari 2022.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

"Sahabat saya Pak Pras, ketua IMI tertunda, ketua DPRD DKI Jakarta yang mudah-mudahan nanti tidak keberatan kalau Formula E ada di Ancol ini," kata Bamsoet.

Proses Persiapan Pembangunan Sirkuit

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Balapan mobil listrik yang diadakan Pemprov DKI masih dalam proses persiapan pembangunan sirkuit. Berdasar kalender sementara musim ke-8 tahun 2021-2022, Jakarta masuk salah satu dari 16 seri balapan.

Baca juga: Datangi Lokasi Formula E, Geisz Sindir Keras Giring PSI

Kendati begitu, DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, tempat Edi Prasetyo bernaung dan PSI terus menunjukkan penolakan atas perhelatan balapan Formula E.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet mengapresiasi gelaran street race yang digagas Polda Metro Jaya sebagai langkah mewadahi minat anak muda dalam dunia balapan. Dengan adanya ajang tersebut, ia berharap balapan liar yang sangat beresiko dapat berkurang.

"Betapa dahsyatnya kalau pembalap liar ini tidak diarahkan ke hal yang positif. Kita lihat tadi berbagai kecelakaan tidak sedikit juga meregang nyawa anak-anak kita hanya satu kata keren," kata Bamsoet.

Bamsoet menegaskan IMI siap terus melakukan pengarahan atau pendidikan untuk pembalap. Politikus Partai Golkar itu mencontohkan, legenda balap asal Italia Valentino Rossi pada masa mudanya juga pernah terlibat aksi balap liar. Kemudian, diarahkan dan akhirnya ia menemukan jalan prestasinya menjadi pembalap dunia MotoGP.

"Jadi tugas kita ini, Polda mereka terutama Pak Kapolda menemukan bibit dari pada suadara-saudara biker-biker para pembalap kalau nanti kalian menemukan jiwa di sini teruskan lanjutkan," kata Bamsoet.

Dalam kesempatan sama, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ini juga mendukung ajang balap jalanan yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya digelar di tempat lain. Bahkan, ia mendukung polda lainnya meniru langkah Polda Metro Jaya guna mengurai masalah aksi balap liar di jalanan.

"(Berharap) menjadi role model bagi polda-polda di seluruh Indonesia, agar angka kecelakaan dan yang terpenting ini menemukan bibit-bibit pembalap, dari seluruh tanah air kita," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya