Balap Liar Turun Karena Lomba Street Race, Klaim Polda Metro

Peserta memacu sepeda motornya dalam street race di Ancol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.

VIVA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengklaim angka balap liar dengan jenis sepeda motor, mengalami penurunan. Aksi balap liar memang kerap kali dilakukan di beberapa titik jalan raya di Ibu Kota. 

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

"Jumlahnya menurun," katanya, di Markas Polda Metro Jaya, Rabu 19 Januari 2022. 

Kata Sambodo, hal tersebut berdasarkan data per Desember 2021 hingga 15 Januari 2022. Anggotanya belum menemukan laporan balap liar lagi di jalan-jalan Jakarta. 

Judi Slot Higgs Domino dan Royal Dream Dibongkar Polisi, Omzetnya hingga Rp 30 Miliar

Penurunan tersebut, diyakini diantaranya karena ada gelaran lomba balap liar atau street race yang digagas Polda Metro Jaya. Lomba ini masih akan terus diadakan.

Saat ini, lomba tersebut baru digelar di kawasan Ancol Jakarta Utara pada Minggu kemarin. Ke depannya, juga disiapkan untuk di beberapa tempat lainnya.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

"Setidaknya mulai dari Desember sampai Januari kemarin tanggal 15, kami belum dapat laporan lagi terkait balapan liar di jalan-jalan. Baik pada malam tertentu maupun di lokasi-lokasi yang kami tengarai ada balapan liar itu sudah jauh menurun," jelasnya.

Rencana dari Kapolda

Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran menijau street race di Ancol.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran berencana merangkul para pemuda yang sering melakukan balap liar khususnya di wilayah Jadetabek, dengan membuat kegiatan balapan resmi.

Hal itu disampaikan Irjen Fadil saat bertemu dengan pembalap binaan Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji yang jadi wakil Indonesia di kejuaraan dunia balap motor kelas Moto3 musim 2022.

"Saya mau buat, rencana saya, doakan saya mudah-mudahan (terealisasi). Saya akan membuat balapan untuk para balap liar," ujar dia di Markas Polda Metro Jaya, Selasa, 30 November 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya