Viral Air Kali di Perumahan Tangerang Berwarna Ungu Pekat

Viral air kali di Tangerang berwarna ungu pekat
Sumber :
  • IG infotangerangkota

VIVA – Air yang berada di aliran kali kawasan Perumahan Bukit Tiara, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, kembali berwarna ungu pekat, setelah sebelumnya sempat terjadi di Desember 2021.

River Trashboom Project - Cerita Sungai, Aksi Perubahan Iklim Secara Nyata

Hal itu pun membuat warga setempat mengabadikannya melalui rekaman video dan disebar ke media sosial. Salah satunya pada akun instagram @infotangerangkota.

Terlihat dari rekaman video, air kali mengalir cukup deras dengan warna ungu pekat. Hal ini membuat warga khawatir dapat menganggu kandungan air tanah yang mereka gunakan.

Warga di Amazon Peru Bebaskan Turis yang Ditahan, Bentuk Protes Pencemaran Sungai

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik mengatakan, bila pihaknya sudah mengambil sampel air di aliran kali tersebut pada Desember 2021. Dimana awal mula warna kali berubah menjadi ungu.

Proses pengambilan sampel air pun didampingi oleh pihak kecamatan dan desa setempat.

Viral! Air Sungai Mendadak Berwarna Merah Darah di Bandung

"Kami sudah melaksanakan cek lapangan yang dilanjutkan pengambilan sampel air," katanya, Kamis, 17 Februari 2022.

Namun, hingga kini pemerintah setempat belum bisa menentukan sumber air yang berwarna itu.

Lantaran, di sekitar aliran kali terdapat banyak pabrik yang berbeda mulai dari pabrik tekstil hingga pabrik pewarna. Ditambah, air tersebut juga sudah bercampur baur di dalam aliran sehingga sulit diketahui asalnya.

"Kami belum dapat menentukan air berwarna itu bersumber dari perusahaan tertentu. Selain itu, limbah juga sudah bercampur baur antar sumber yang satu dengan sumber yang lain di dalam saluran. Dan kami pun akan terus melakukan pemeriksaan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya