Pesan Anies Baswedan ke Pemudik: Kurangi Main HP, Nikmati Perjalanan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas mudik gratis 2022
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta meminta kepada setiap keluarga yang tengah melaksanakan mudik untuk tidak selalu memainkan ponsel dalam perjalanan menuju kampung halaman. Ia meminta untuk memanfaatkan dengan baik bersama keluarga perjalanan tersebut. 

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Hal ini diungkapkan Anies saat melepas 11 ribu pemudik yang mengikuti mudik gratis di Terminal Pulogebang, Rabu, 27 April 2022. Pesan tersebut dikatakan oleh Anies Baswedan kepada orang tua yang membawa anak-anaknya untuk mudik. 

"Nah bapak-ibu sekalian, HP ini dipakai untuk komunikasi. Komunikasi ya, begitu perjalanan dimulai HP-nya disimpan baik-baik, jangan dipakai sepanjang jalan," ucap Anies Baswedan seperti di kutip dari akun Instagram pribadinya, Kamis, 28 April 2022. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Minta Pemudik Bercerita

Lebih lanjut, ia juga memberikan masukan kepada para pemudik supaya tidak sibuk memainkan ponsel selama perjalanan. Orang nomor 1 di DKI Jakarta ini mengatakan sebaiknya perjalanan ke kampung halaman diisi dengan mendongeng kepada anak-anak bila pemudik sudah berkeluarga dan mempunyai anak. 

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Ceritakan perjalanan hidup Bapak, Ibu sekalian kenapa dulu sampai di Jakarta bagaimana kisahnya berangkat dari kampung dulu. Tunjukkan titik sepanjang perjalanan yang menggambarkan keindahan Indonesia tunjukkan negeri ini, negeri yang indah biar anak-anak kita sepanjang perjalanan memiliki pengalaman," ujar Anies.

Minta Sopir Angkutan Mudik untuk Tidak Kejar Kecepatan

Kemudian Anies meminta para sopir bus angkutan mudik gratis tersebut supaya tidak mengejar kecepatan dalam mengemudikan kendaraannya. Menurut dia, keselamatan penumpang adalah nomor satu dan harus diutamakan. 

"Saya ingin pesan kepada para pengemudi nomor 1 keselamatan, nomor 2 keselamatan, nomor 3 keselamatan," kata Anies.

"Keselamatan, keselamatan, keselamatan itu yang paling penting. Jangan mengejar kecepatan," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa kecepatan kerap kali tidak beriringan dengan keselamatan. Anies Baswedan menginginkan para sopir yang sudah diberi amanah tersebut untuk selalu menjaga keselamatan warga Jakarta yang mudik gratis. 

Program Pemprov DKI Jakarta

Diberitakan VIVA sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sudah menyediakan 11.680 kursi dengan total bus mencapai 292 ke 17 kota/kabupaten di 5 provinsi yang terdiri atas Lampung, Sumatera Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta juga sudah menyiapkan sebanyak 22 truk pengangkut sepeda motor dengan total 660 tempat yang sudah diberangkatkan sejak tanggal 26 April 2022 dari terminal Pulo Gadung. Lalu, untuk arus balik nanti terdapat 270 kuota pengangkut yang disediakan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya