Libur Lebaran 2022, Masyarakat Masih Serbu TMII

Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Libur lebaran Idul Fitri dimanfaatkan masyarakat dengan mengunjungi tempat wisata di Ibu Kota Jakarta. Salah satunya dengan mendatangi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Saat H+3 lebaran Idul Fitri ini, masyarakat masih menyerbu TMII. Pun, kondisi TMII sudah mulai terlihat ramai sejak dari depan pintu masuk sampai dengan ke dalam kawasan TMII. Sempat terjadi kemacetan juga menjelang pintu masuk TMII.

Data per Kamis pagi 5 Mei 2022, wisatawan yang mengunjungi TMII sudah lebih dari 4.000 orang. Diperkirakan jumlah ini akan terus bertambah bahkan bisa melebihi jumlah pengunjung pada H+2 lebaran kemarin yang berjumlah sekitar 21 ribu orang.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

"Sudah lebih dari 4.000-an lebih, sebentar lagi sudah sekitar 5.000 orang. Diperkirakan hari ini mendekati atau malah bisa lebih dari kemarin," kata Asisten Vice President TMII, Leonardus Adityo Nugroho, Kamis 5 Mei 2022.

Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Didominasi Produk Fashion, Lion Parcel Catat Lonjakan Pengiriman 40 Persen saat Ramadan 2024

Menurut Leo, pengunjung masih didominasi warga dari Jabodetabek. Namun, ada juga wisatawan dari beberapa luar daerah tersebut. 

"Kalau kita melihat ini juga masih ramai ya, kemungkinan hampir sama atau kalau pun kurang atau lebih cuma sedikit lah," ujar Leo

Pun, untuk kawasan wisata TMII sendiri, wahana yang paling banyak dipilih para pengunjung adalah wahana Taman Legenda Keong Mas. Wahana tersebut lebih ramai dari wahana lainnya.

Meski pengunjung melonjak saat libur Lebaran, namun Leo memastikan protokol kesehatan atau prokes akan terus berjalan. Dia menjelaskan TMII memberlakukan aturan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan masuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Untuk Lebaran tahun ini, TMII tak memberikan program atau even khusus. Lalu, harga tiket masuk yang disediakan dapat dibeli dengan harga 25.000 per orang.

“Selama libur lebaran ada 11 wahana yang dibuka. Di taman burung ada edu show,” kata Leo.

Salah seorang pengunjung bernama Ridwan, mengaku sengaja memanfaatkan momen libur lebaran ini untuk berekreasi dengan keluarga. Sebab sudah 2 tahun sejak pandemi, keluarga Ridwan tak berekreasi saat libur lebaran.

"Kebetulan ada abang sepupu datang dari Padang. Sekalian ingin berlibur di Jakarta. Setelah 2 tahun nggak kumpul Alhamdulillah tahun ini bisa kumpul di Jakarta," kata Ridwan.

Maka itu, Ridwan mengaku bersyukur. Dia berharap agar kondisi ini tetap terjaga dan Indonesia bebas dari Pandemi.

"Alhamdulillah, bersyukur. Sudah pasti senang bisa bawa anak dan keluarga berwisata ke Taman Mini karena selama ini dibatasi. Intinya senang, Alhamdulillah." ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya