8 Rekomendasi Tempat Hits di Jakarta Dekat Jalur MRT

Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Karet, Jakarta
Sumber :
  • istimewa/@shendymettalkecil

VIVA – Tempat hits di Jakarta seakan tidak ada habisnya. Terasa setiap hari ada saja tempat baru yang viral di kota ini dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari tempat umum yang Instagramable, resto estetik, ruang terbuka hijau dan banyak lagi lainnya.

Mal Terbesar di Asia Tenggara Resmi Dibuka di Cikarang, Banyak Spot Instagramable

Tempat yang akan kita bahas kali ini berada tidak jauh dari stasiun MRT. Kamu dapat berkunjung ke tempat-tempat ini dengan menggunakan Mass Rapid Transit (MRT). Selain kamu dapat mengunjunginya dengan mudah kamu juga dapat mencoba transportasi umum ini dengan fasilitasnya yang tidak kalah hits dengan tempat-tempat yang akan kita bahas di bawah.

Kamu penasaran tempat apa sajakah itu? Berikut VIVA telah merangkum informasinya untuk kamu:

5 Rekomendasi Wisata di Jakarta Untuk Libur Sekolah dari Rumah Hantu hingga Aquarium

1. Terowongan Kendal

Terowongan Kendal, Jakarta

Photo :
  • instagram/@lyndaismyname
10 Lokasi Paling Instagramable di Seluruh Dunia, Jangan Lewati Kalau ke Sini

Terowongan Kendal yang berlokasi di samping stasiun KRL Sudirman ini kerap kali dijadikan tempat untuk pameran seni oleh Pemprov DKI Jakarta, dinding dari terowongan ini penuh diisi dengan mural ditambah lampu warna-warni pada malam hari menambah kesan artistik pada tempat ini.

Jalur pedestrian ini ramai dilewati pejalan kaki karena letaknya yang strategis, yakni dengan Stasiun MRT Dukuh Atas, Stasiun Sudirman dan Halte Trans Jakarta Tosari ICBC.

Sementara di sisi lain, ada 1 mural yang menarik perhatian yang diberi nama Mural Persahabatan, mural ini dibuat sebagai bentuk perayaan 25 tahun hubungan Jakarta dan Berlin sebagai sister city. Seniman dan arsitek ternama didatangkan khusus dari Jerman ke Jakarta untuk melukisnya.

2. JPO Pinisi

Galeri apresiasi di JPO Sudirman didedikasikan untuk mengenang tenaga medis

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Berlokasi di Karet Sudirman, Karet Tengsin, Jakarta Selatan, JPO ini kerap kali ramai dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya pagi hingga malam hari, JPO Pinisi baru diresmikan pada tanggal 10 Maret 2022 oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berbeda dengan JPO lainnya, JPO Pinisi terlihat sangat ikonik di Jakarta, dengan warna oranye yang mencolok pada siang dan malam hari. Kabarnya JPO Pinisi dibangun bertemakan kapal Pinisi.

JPO ini juga menyediakan akses untuk pengguna sepeda, selain itu kamu juga dapat melihat monumen 37 nama ‘nakes’ yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19.

3. Taman Hutan Kota GBK

Hutan Kota Komplek GBK

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Tempat hits di Jakarta berikutnya adalah Hutan Kota Gelora bung Karno, Hutan Kota GBK dibuka pada pagi hari, pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan sore hari pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB. Jika hujan, Taman Hutan Kota GBK tidak dibuka.

mengutip dari situs resmi Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Hutan Kota GBK memiliki luas sekitar 4 hektar. Dulunya lahan ini merupakan Lapangan golf Driving Range di GBK.

Karena letaknya yang berada di pusat kota Jakarta, akses menuju Hutan Kota GBK pun sangat mudah. Kamu dapat menaiki MRT dan turun di Stasiun Istora Mandiri atau menggunakan bus Trans Jakarta dengan pemberhentian Halte Gelora Bung Karno.

Kamu bisa masuk melalui pintu 5 yang berada di dekat FX Sudirman atau Pintu 7 yang merupakan pintu terdekat menuju Hutan Kota GBK. Untuk menikmati suasana taman di tengah kota ini kamu tidak dikenakan biaya alias gratis.

4. Rooftop Ashta

Rooftop Ashta District 8

Photo :
  • manual.co.id

Ashta Mall adalah mall baru di Jakarta, letaknya di lantai 8 district 8 SCBD. Suasana rooftop di tempat ini dipenuhi dengan pepohonan hijau yang menambah sejuk suasana.

Konsep Ashta Mall ini cukup unik dengan banyaknya desain gambar warna warni dan instalasi mainan di dinding mall.

wall art at Ashta Mall Jakarta

Photo :
  • instagram/@aildelights/@ayladimitri/@firdathaher_

Tempatnya sangat nyaman untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan bersama orang terdekat. Untuk kamu yang membawa kendaraan roda dua tidak perlu khawatir, tempat ini menyediakan tempat parkir khusus kendaraan roda dua.

5. Gelora Bung Karno

Stadion Utama Glora Bung Karno

Photo :
  • twitter/@alionelmessi_

Komplek olahraga yang cukup digemari warga Jakarta ini tentu tidak ketinggalan masuk dalam list dalam pembahasan kita, dalam kompleks olahraga GBK terdapat stadion utama, stadion sekunder, lapangan sepakbola, stadion air, stadion tenis, lapangan hoki, bisbol, panahan, dan ruangan untuk gimnasium dengan total 36 venue.

Kamu dapat melakukan aktivitas olahraga di tempat ini pada pagi hari dengan nyaman dan sejuk, berdasarkan data yang VIVA kutip dari laman Jakarta.go.id Kawasan fasilitas olahraga ini memiliki 84% Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan 67,5% lingkungan hijau dengan pepohonan langka.

Pada malam hari tidak kalah seru, warna-warni lampu dari stadion utama sangat indah bila kita nikmati pada malam hari sambil melakukan aktivitas olahraga di sana, para pengunjung kerap kali mengambil gambar dan ber swafoto berlatarkan stadion utama pada malam hari.

6. Sore Izakaya

Restoran khas jepang memang sedang banyak diminati kalangan muda khususnya di Jakarta, terlepas dari citarasanya para pelaku bisnis restoran jepang juga beradu dalam konsep atau tema guna memikat pengunjung.

Restoran Sore Izakaya berada di jalan Fatmawati yang letaknya tak jauh dari Stasiun MRT Haji Nawi, tepatnya di di Jalan RS Fatmawati Raya No.39, Cipete, Cilandak, Jakarta Selatan. Buka setiap Hari Selasa hingga Minggu setiap pukul 12.00 – 21.00 WIB.

Restoran ini berhasil mencuri perhatian lantaran tema khas Negri Sakura Jepang sangat kental terasa, di tambah hilir mudik kereta MRT dapat kita nikmati di tempat ini, terlebih saat sore hari suasana semakin indah untuk kamu yang senang mengabadikan gambar atau selfie bersama teman atau orang terkasih.

7. M Bloc Space

Saat kamu mengunjungi tempat ini tentunya kamu akan melihat banyak anak-anak muda yang berkumpul, riuh suara tawa dan obrolan bersemangat khas anak muda.

M Block Space berada di sisi pintu barat terminal Blok M, tenant yang ada di tempat ini adalah Unionwell, Tokyo Skipjack, Kedai Tjikini, Mbok Ndoro, Roastman, Temu, Oeang, Chickro, Connectoon, Beyoutiful, Demajors, Kebunide, Padang to go, dan Suwe Ora Jamu

M Bloc Space bisa menjadi pilihanmu mengisi akhir pekan, tempat ini juga mudah dikunjungi jika kamu menggunakan transportasi umum seperti MRT, kamu bisa turun di Stasiun MRT ASEAN atau di Stasiun MRT Blok M BCA.

8. Halte CSW

Stasiun Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) di jakarta Selatan

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Halte CSW berlokasi di persimpangan antara Jalan Panglima Polim, Kyai Maja, Trunojoyo, dan Sisingamangaraja di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Halte CSW memiliki 5 lantai dan memiliki fungsi untuk mengintegrasikan stasiun MRT dengan halte Transjakarta.

Halte CSW atau simpang CSW ini dilengkapi dengan  lift, escalator, CCTV, dan lampu hias berwarna warni yang tampak indah jika kita melihatnya malam hari. Perpaduan lampu yang Instagramable di Halte CSW kerap kali menjadi  objek foto pengguna jalan atau warga yang sengaja berkunjung ke tempat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya