Penampakan Car Free Day Perdana Lagi Usai Disetop 2 Tahun

Car Free Day di Jakarta diberlakukan lagi setelah masa pandemi
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) kembali digelar di Jakarta, pada Minggu hari ini, 22 Mei 2022. Gelaran ini kembali berlangsung setelah dua tahun disetop lantaran pandemi COVID-19.

Ada Presiden Jokowi hingga Maliq & D'Essentials, CFD Bundaran HI Penuh Sesak Hari Ini

Selama pandemi, CFD ini ditiadakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di tengah kerumunan saat berolahraga. Dua tahun pun kegiatan ini absen digelar hampir di seluruh Indonesia.

Car Free Day kembali digelar seiring melandainya kasus COVID-19. CFD dihelat lagi pun setelah Presiden Jokowi memutuskan untuk boleh melepas masker di area terbuka.

Truk TNI Melintas di Jalur CFD Jakarta, Kapendam Jaya Minta Maaf

Momen CFD pertama kali setelah pandemi ini tampak diikuti dengan antusias oleh warga ibu kota meski tak seramai sebelum pandemi. Salah satunya yang tampak di Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

"Lumayan ramai, apalagi di sekitar Bundaran HI itu lumaya ramai. Tapi enggak seramai dulu (sebelum pandemi), mungkin karena masih pertama kali ya," ujar Andy seorang warga Menteng, saat ditemui di kawasan Thamrin.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Andy pun merasa lega lantaran beberapa aturan yang sudah mulai dilonggarkan terutama warga semakin bebas beraktivitas di area publik kembali.

"Ya bersyukur karena udah enggak ada aturan ketat-ketat lagi kayak dulu ya, sekarang kan masker udah enggak perlu kalau di luar kayak gini. Sekarang udah bisa CFD berarti kerumunan juga udah bisa kayaknya. Semakin baik ini," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang sedang berjaga di beberapa titik masuk ke area Car Free Day. Terlihat pula disiapkan QR Code untuk discan menggunakan PeduliLindungi sebelum masuk ke area CFD itu.

CFD hari ini diselenggarakan di enam titik, berikut rinciannya:

1. Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin
(Patung Arjuna Wijaya sd Patung Pemuda Membangun)

2. Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun sd CSW), Jakarta Selatan

3. Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang sd Business Hotel Tomang), Jakarta Barat

4. Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton sd GOR Sunter), Jakarta Utara

5. Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni sd Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat

6. Jalan Pemuda (Simpang Arion sd Simpang TU-GAS), Jakarta Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya