BPBD Imbau Warga Jakarta Utara Waspada Potensi Rob hingga 17 Juni 2022

Banjir rob di Jakarta Utara menggenangi rumah warga
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Priok memperingatkan adanya potensi banjir pesisir (Rob) pada 11 - 17 Juni 2022. Pada waktu tersebut bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).  Hal tersebut berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum.  

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji mengimbau kepada masyarakat untuk waspada potensi banjir pesisir (Rob) di wilayah pesisir DKI Jakarta, yakni di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Kepulauan Seribu. 

Ilustrasi Banjir Rob Melanda Pesisir

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan
BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

"Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," ujar Isnawa Adji di Jakarta, Senin, 13 Juni 2022. 

Isnawa menambahkan agar masyarakat senantiasa memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. 

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112. 

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya