Operasi Patuh Jaya 2022 Digelar, Ini Pesan Wagub DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berterima kasih bahwa Kepolisian Republik Indonesia, Polda Metro Jaya terus menunjukkan komitmennya, untuk memastikan keselamatan warga dengan berbagai program, salah satunya hari ini dalam melaksanakan apel Operasi Patuh Jaya 2022. 

Saat Riza Patria 'Kepeleset' Sebut Nama Prabowo-Sandi di Depan Kader Parpol KIM

"Jadi yang paling penting bagi seluruh warga Jakarta, kematian akibat kecelakaan masih tinggi, untuk itu kami minta seluruh warga untuk berhati-hati," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Mapolda Metro Jaya, Senin, 13 Juni 2022. 

Ia juga menekankan pentingnya berkendara dengan menggunakan perlengkapan lengkap, serta meningkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas. 

Elite Gerindra dan Titiek Soeharto Kumpul di Rumah Prabowo untuk Rapat Rutin, Kata Riza Patria

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong.

"(Bagi para pengendara agar) memastikan untuk menggunakan perlengkapan (berkendara), mulai helm, jaket, sepatu dan sebagainya, secara baik. Dan menaati seluruh peraturan lalu lintas. Jaga kesehatan dan sebagainya, ini penting sekali diterapkan setiap hari, supaya tidak ada korban jiwa," katanya. 

Gerindra Sebut Gibran, Mahfud hingga Khofifah Bisa Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Kakorlantas Polri Irjen Polisi Firman Santyabudi  yang memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Jaya 2022 menjelaskan, operasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. 

Operasi Patuh Jaya 2022 tidak menitikberatkan pada operasi yang dilaksanakan secara stasioner di jalan tetapi akan disampaikan teguran simpatik. 

Korlantas menitikberatkan kegiatan operasi dengan tujuan membangun kepatuhan dari sisi kesadaran masyarakat, bukan hanya karena ada polisi (atau) karena banyak razia dan sebagainya. 

"Kita ingin menjadikan masyarakat itu, tumbuh di dalam dirinya itu, supaya mereka jadi polisi bagi dirinya masing-masing. Kepatuhan berlalu lintas ini harus muncul, harus kita bangun melalui kesadaran yang ada," ujar Firman. 

Dalam gelar pasukan, Polda Metro Jaya menyiapkan 3.070 personel. Operasi Patuh diikuti seluruh Indonesia, Korlantas sendiri menyiapkan 350 personel guna memperkuat jajaran sebanyak 30 persen. 

Adapun tujuan utama operasi tersebut untuk memberikan perlindungan dan pelayanan dalam operasi ini. Sehingga petugas tidak terkesan mencari-cari kesalahan kepada masyarakat. Diharapkan pascaoperasi ini bisa menurunkan jumlah kecelakaan lalu-lintas. 

Hasilnya dievaluasi di masing-masing jajaran, jenis pelanggaran tertentu yang paling banyak mengakibatkan timbulnya pelanggaran yang menjadi dampak kepada kemacetan. Operasi ini akan diserahkan kepada satuan tugas daerah masing-masing, Polda dan Polres akan memfokuskan kepada teguran-teguran yang bersifat simpati kepada masyarakat. 

"Kepada seluruh jajaran dalam kegiatan operasi ini menitikberatkan kepada kegiatan edukasi dan preventif," katanya. 

Serentak di Indonesia

Untuk diketahui, pelaksanaan Operasi Patuh 2022 berlangsung secara serentak di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia. Sedangkan, Operasi Patuh Jaya 2022 adalah operasi kepolisian terpusat dari Polda Metro Jaya yang memiliki 8 (delapan) sasaran operasi yang menjadi prioritas penindakan kepolisian. 

Operasi Patuh 2022 dijadwalkan berlangsung selama 14 hari, mulai 13 Juni hingga 26 Juni 2022. Dalam pelaksanaannya, kepolisian tidak akan melakukan tilang manual terhadap para pengendara yang melanggar. 

Mekanisme operasi tersebut dilakukan melalui dua cara, yakni penilangan dan peneguran. Penilangan sendiri tidak dilakukan petugas, melainkan melalui tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya