Sedih Banget, Ibu Ini Minta Dicarikan Ganja Medis Buat Anaknya

Aksi Damai Legalkan Ganja Medis
Aksi Damai Legalkan Ganja Medis
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Seorang Ibu melakukan sebuah aksi meminta pemerintah Indonesia melegakan ganja untuk kepentingan medis. Diketahui sosok Ibu yang melakukan aksi tersebut bernama Santi yang berasal dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Santi memiliki seorang anak bernama Pika yang sedang mengidap kelainan otak itu melakukan aksi damai di kawasan Bundaran HI, Jakarta saat berlangsungnya Car Free Day (CFD) pada Minggu, 26 Juni 2022.

Santi saat aksi tersebut membawa surat yang ditunjukkan kepada hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk segera memberikan sebuah putsan mengenai permohonan uji yang sudah Ia ajukan kepada Undang-undang (UU) Narkotika. Ia meminta untuk ganja yang masuk ke dalam golongan I di UU Narkotika dapat digunakan untuk keperluan medis.

Foto dirinya beredar dan viral di media sosial sedang berada di Kawasan Bundaran HI yang ramai itu dengan memgang papan putih bertuliskan “TOLONG, ANAKKU BUTUH GANJA MEDIS”.

Di dalam foto tersebut Santi sambil membawa papan yang digendong nya, di belakang Santi terdapat anaknya, yaitu Pika yang berada di stroller dengan kepala yang di sangga oleh bantal dan kain berwarna hitam.

Terdapat juga sebuah video yang beredar di media sosial yang menghampiri Santi dan keluarganya untuk memberikan dukungan moril.

Sebelumnya Santi dan dua orang Ibu lainnya telah meminta MK untuk membatalkan ketentuan yang terdapat di UU Narkotika yang dinilai melarang penggunaan  ganja untuk keperluan medis atau pengobatan bagi anak mereka yang mengalami kelainan  otak, peristiwa tersebut tepatnya terjadi tahun 2020.