Kecelakaan Cibubur, Kontur Jalan Menurun Jadi Sorotan

Suasana lokasi kecelakaan maut di Jalan Raya Alternatif Transyogi Cibubur.
Sumber :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

VIVA Metro - Kecelakaan maut mobil tangki BBM di Cibubur, Bekasi, menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Peristiwa ini, hampir mirip dengan kecelakaan yang pernah terjadi di Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kronologi Bus Rombongan SMK Terguling di Ciater Subang

Kecelakaan Maut Truk Pertamina di Cibubur.

Photo :
  • istimewa

Hilang Kendali

Bus Rombongan Pelajar SMK Depok Kecelakaan di Subang, 10 Orang Tewas

Pada kecelakaan di Rapak, Balikpapan, kecelakaan juga melibatkan kendaraan besar jenis truk yang hilang kendali. Sedangkan untuk di Cibubur, juga melibatkan kendaraan besar yang merupakan truk tangki BBM.

Selain itu, kontur jalan keduanya juga dinilai relatif mirip. Kontur jalan baik di Rapak maupun di Cibubur, memiliki kontur jalan yang menurun.

Bus Pariwisata Bawa Rombongan SMK Terguling di Ciater Subang, Korban Bergeletakan

"Titik persimpangan persis berada pada kontur jalan menurun dan menikung dari kedua arah. Ruas jalan Trans Yogi (Alternatif Cibubur) status sebagai Jalan Nasional," kata Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno, ketika dihubungi Selasa, 19 Juli 2022.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Binjai, 1 Orang Tewas

Sebuah Persimpangan

Djoko mengatakan pada lokasi kecelakaan tersebut, merupakan sebuah persimpangan. Adanya persimpangan itu baru dibuka pada awal tahun ini.

"Pada titik lokasi kejadian kecelakaan tersebut merupakan persimpangan yang baru dibuka di awal tahun 2022 ini," ujarnya.

Djoko menyoroti adanya lampu lalulintas di lokasi kejadian kecelakaan tersebut yang diduga menyebabkan banyaknya korban. Instalasi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (traffic light) diadakan atas kerjasama dinas perhubungan dan PT Ciputra Nugraha Internasional.

"Dishub Kota Bekasi dan pengembang juga harus diminta pertanggungjawabannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya