Kompol Arif Oktora Batal Jadi PS Kasat Narkoba, Zulpan: Job Buat AKBP

Wakasat Narkoba Polres Jakbar Kompol Arif bersama gitaris band Kahitna Andrie
Sumber :
  • Dokumentasi Polri

VIVA Metro – Polda Metro Jaya membeberkan alasan pembatalan Komisaris Polisi Arif Purnama Oktora menjadi Pejabat Sementara Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menggantikan Ajun Komisaris Besar Polisi Ahmad Akbar.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Salah satu alasannya karena Kompol Arif Purnama dinilai masih terlalu dini mengemban jabatan sebagai Ps Kasat Resnarkoba Polres Metro Jaksel. Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan

Photo :
  • VIVA/FO
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"Kompol Arif, Wakasat Narkoba Jakarta Barat ini masih terlalu junior untuk diangkat sebagai Kasat Narkoba Jaksel kan itu job AKBP kan," ujar dia kepada wartawan, Kamis 1 September 2022.

Kata dia, pembinaan karir di lingkungan Polda Metro Jaya berbasis sistem merit. Salah satu yang dikedepankan dalam sistem merit adalah dengan memperhatikan senioritas. Kompol Arif dinilai masih jauh untuk dapat pangkat AKBP. Pun untuk jadi PS dinilai masih terlalu jauh.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

"Kalau tidak salah masih 3-4 tahun lagi baru AKBP," katanya.

Wakasat Narkoba Polres Jakbar Kompol Arif bersama gitaris band Kahitna Andrie

Photo :
  • Dokumentasi Polri

Alhasil, lanjutnya, dicari personel lain yang mumpuni di bidang narkoba. Lantas nama Kompol Achmad Ardhy yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit 5 Subdit 3 Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya yang dipilih.

"itu lebih memenuhi persyaratan dari sistem pembinaan karir dan juga memiliki pengalaman di bidang narkoba. Di polda itu sudah matang jadi siap untuk di wilayah," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Komisaris Polisi Achmad Ardhy ditunjuk Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran jadi Pejabat Sementara Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, yang sejatinya diisi Ajun Komisaris Besar Polisi Ahmad Akbar. Mutasi tertuang dalam surat telegram rahasia nomor ST/395/VII/KEP/2022 tanggal 29 Agustus 2022.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Telegram rahasia ini ditandatangani oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Langgeng Purnomo. Achmad sebelumnya menjabat sebagai Kepala Unit 5 Subdit 3 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Terkait telegram rahasia mutasi ini dibenarkan oleh Fadil.

Dalam telegram yang sama, dilakukan pembatalan mutasi terhadap Kompol Arif Purnama Oktora. Awalnya dia dimutasi menjadi Ps Kasatresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan. Tapi dalam telegram itu tertulis Arif tetap menduduki jabatan lama sebagai Wakil Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya