Sosok Kombes Setyo yang Ucapkan Kata Binatang ke Mahasiswa Demo BBM

Ilustrasi mahasiswa demo BBM
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Metro – Sosok Komisaris Besar Polisi Setyo Koes Heriyanto yang viral buntut mengumpat mahasiswa dengan kata binatang saat mengawal unjuk rasa mahasiswa menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) ternyata sempat viral juga sebelum ini.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Yang bersangkutan viral lantaran sempat melindungi pegiat media sosial Ade Armando saat jadi korban pengeroyokan dalam demo bulan Maret 2022 lalu di kawasan Gedung DPR/MPR RI. Kini dia masih menjabat jadi Wakapolres Metro Jakarta Pusat. Sebelumnya dia menjabat jadi Kepala Unit I Subdit III Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri.

Dia juga pernah menjadi Kapolres, yaitu Kapolres Mojokerto pada tahun 2018. Dirinya pun pernah jadi Kapolres Pacitan. Setyo menjabat Wakapolres Kota Malang Kota tahun 2020. Ketika jadi Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo menorehkan prestasi membanggakan, salah satunya meraih Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2018 juga penghargaan unit kerja pelayanan dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada 2019 dari Kementerian Pan RB.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Saat jadi Wakapolres Metro Jakarta Pusat, Setyo berhasil menyikat mafia tanah dan premanisme. Polres  Jakpus berhasil mengambil aset tanah dan bangunan milik Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang sebelumnya dikuasi organisasi masyarakat (ormas).

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial TikTok seorang anggota polisi berpangkat Komisaris Besar Polisi bernama Setyo disebut mengucapkan perkataan tidak pantas saat mengawal unjuk rasa mahasiswa.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Menurut akun TikTok @suaradotcom kejadiannya saat aksi mahasiswa menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 15 September 2022. Saat itu disebut pihak mahasiswa meminta padanya yang sedang berjaga agar bisa menuju Istana Negara bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Tapi, menurut polisi saat itu Jokowi tidak ada.

"Saya kan kasih solusi," kata Kombes Setyo ke mahasiswa seperti dikutip, Jumat 16 September 2022.

Setelahnya, mahasiswa coba merangsek menuju istana mendorong anggota polisi yang berjaga. Kombes Setyo nampak berteriak meminta mahasiswa mundur dan tidak mendorong mereka yang berjaga. Kombes Setyo mengatakan kalau mereka bisa menyampaikan aspirasinya namun bertemu perwakilan Kantor Staf Kepresidenan. Namun karena suasana masih panas, Kombes Setyo lantas mengumpat.

"Eh ang kamu," kata dia mengumpat.

Kemudian mahasiswa sempat tersulut emosinya saat mendengar umpatan tersebut. Namun, polisi dan mahasiswa yang lain coba menenangkan. Lantas, gesekan mereda setelah perwakilan dari Kantor Staf Kepresidenan menemui mereka.

Baca juga: Viral Kombes Setyo Ucapkan Kata Binatang ke Mahasiswa saat Demo BBM

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya