Sosok Kombes Setyo yang Ucapkan Kata Binatang ke Mahasiswa Demo BBM

Ilustrasi mahasiswa demo BBM
Ilustrasi mahasiswa demo BBM
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Metro – Sosok Komisaris Besar Polisi Setyo Koes Heriyanto yang viral buntut mengumpat mahasiswa dengan kata binatang saat mengawal unjuk rasa mahasiswa menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) ternyata sempat viral juga sebelum ini.

Yang bersangkutan viral lantaran sempat melindungi pegiat media sosial Ade Armando saat jadi korban pengeroyokan dalam demo bulan Maret 2022 lalu di kawasan Gedung DPR/MPR RI. Kini dia masih menjabat jadi Wakapolres Metro Jakarta Pusat. Sebelumnya dia menjabat jadi Kepala Unit I Subdit III Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri.

Dia juga pernah menjadi Kapolres, yaitu Kapolres Mojokerto pada tahun 2018. Dirinya pun pernah jadi Kapolres Pacitan. Setyo menjabat Wakapolres Kota Malang Kota tahun 2020. Ketika jadi Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo menorehkan prestasi membanggakan, salah satunya meraih Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2018 juga penghargaan unit kerja pelayanan dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada 2019 dari Kementerian Pan RB.

Saat jadi Wakapolres Metro Jakarta Pusat, Setyo berhasil menyikat mafia tanah dan premanisme. Polres  Jakpus berhasil mengambil aset tanah dan bangunan milik Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang sebelumnya dikuasi organisasi masyarakat (ormas).

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial TikTok seorang anggota polisi berpangkat Komisaris Besar Polisi bernama Setyo disebut mengucapkan perkataan tidak pantas saat mengawal unjuk rasa mahasiswa.

Menurut akun TikTok @suaradotcom kejadiannya saat aksi mahasiswa menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 15 September 2022. Saat itu disebut pihak mahasiswa meminta padanya yang sedang berjaga agar bisa menuju Istana Negara bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Tapi, menurut polisi saat itu Jokowi tidak ada.

"Saya kan kasih solusi," kata Kombes Setyo ke mahasiswa seperti dikutip, Jumat 16 September 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title