Cegah Banjir, PJ Gubernur DKI Sebut Pembangunan Sodetan Ciliwung Perlu Dipercepat

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan, program sodetan membuat genangan banjir cepat surut meskipun Ibu Kota diguyur hujan lebat. 

Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, 14 Warga Meninggal Dunia

Menurut Heru, pembangunan sodetan perlu dipercepat. "Cepat surut ya banjirnya. Ya itu lah maka perlu ada percepatan sodetan. Sodetan kita sudah bahas kan kemarin, itu kan suatu keadaan yang harus kita selesaikan," kata Heru kepada wartawan, Jumat, 28 Oktober 2022.

Kepala Sekretariat Presiden itu mengatakan, saat ini jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menginventarisasi lahan untuk normalisasi Ciliwung. 

1.200 Warga Mengungsi, 7 Tewas dan 15 Rumah Hanyut Akibat Banjir dan Longsor Hantam Luwu

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Photo :
  • Pemprov DKI Jakarta

Ia juga berharap pembangunan waduk di Jawa Barat serta sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT) bisa selesai dalam waktu dekat.

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Sulsel, 8 Warga Meninggal Dunia

“SDA sedang bekerja melakukan inventaris, tentunya yang lebih memudahkan kita dalam bekerja. Mudah-mudahan waduk Cimahi bisa selesai dan sodetan juga bisa selesai, sehingga bisa mengurai sementara waktu banjir sambil kita memproses normalisasi,” katanya.

Sebagai informasi, melansir dari akun Facebook Kementerian PUPR, sodetan adalah saluran yang digunakan untuk mengalihkan sebagian atau seluruh aliran air banjir dalam rangka mengurangi debit banjir pada daerah yang dilindungi dengan mempertimbangkan alur sungai stabil.

Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono

Photo :
  • Dok. Diskominfotik Jakarta Utara

Sebelumnya, Heru memastikan normalisasi kali Ciliwung akan tetap dilanjutkan. Hal ini merupakan hasil pertemuannya dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin, 17 Oktober 2022. Adapun lokasi normalisasi kebanyakan di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

“Oh iya ini ada kaitannya dengan normalisasi sodetan (dari Ciliwung ke Banjir Kanal Timur), kali Ciliwung, Cimahi dan seterusnya dan master plan penanggulangan banjir yang nanti kita sinergikan (dengan Pemerintah Pusat),” kata Heru.

Dia juga mengungkapkan, permasalahan pembebasan lahan yang menjadi hambatan dalam proses normalisasi akan segera selesai dan normalisasi dapat dilaksanakan.

“Oh yang di sodetan? Ya itu sedikit lagi (masalah pembebasan lahan). Sedikit lagi hampir selesai. Ya nanti itu kita selesaikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Heru juga akan berkoordinasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto untuk melanjutkan normalisasi kali Ciliwung dan pembebasan lahan di wilayah sodetan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya