Anies Beberkan Tantangan Kelola Transportasi Jakarta

Anies Baswedan.
Sumber :
  • Natania Longdong/VIVA.

VIVA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memberikan bocoran terkait cara mengatur Ibu Kota yang cukup padat penduduk dan kendarannya.

PKS Minta Kemenhub Gencarkan Ramp Check dan Sosialisasi Aplikasi 'MitraDarat' Cek Kelaikan Bus

Dalam forum BloombergNef Summit, Anies mengungkapkan bahwa Jakarta memiliki 11 juta penduduk dan memiliki 16 juta kendaraan motor yang terdaftar. Jumlah kendaraan jauh lebih besar dibandingkan jumlah penduduk DKI.

"Melihat pengalaman saya sebagai Gubernur Jakarta, tantangan kompleks kami adalah Jakarta memiliki 11 juta penduduk, dan 16 juta kendaraan bermotor. Jadi, kita memiliki lebih banyak kendaraan bermotor daripada manusia," kata Anies, Sabtu, 12 November 2022.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Karena tantangan tersebut, akhirnya Anies mengembangkan sebuah angkutan transportasi transit dan kebijakan berbasis bukti yang nyaman dan mudah.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Dengan terciptanya kendaraan transportasi yang disebut Anies sebagai Jaklingko, dia mencoba mengkonversi penduduk Jakarta untuk beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

"Kolaborasi adalah kuncinya. Kami telah mengembangkan transportasi mobil selama beberapa dekade. Kami mengubahnya sebagai transportasi transit," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali

Meski rasanya sangat sulit untuk merealisasikan program kendaraan tersebut, namun saat ini dia melihat hasil dari program kerjanya itu.

"Kita mulai melihat buktinya, dan kita mulai mengkonversi lebih banyak penduduk kita dari kendaraan pribadi, ke angkutan umum," ujarnya

Hingga saat ini, jumlah pengguna Jaklingko semakin bertambah. Dari 350 ribu penumpang perhari, kini menjadi satu juta penumpang selama satu hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya