Intip Peroses Bongkar Rel Trem Zaman Belanda di Proyek MRT Jakarta, Dikerjakan Hati-hati

Penemuan rel trem zaman Belanda di proyek MRT Jakarta fase 2 CP-202 Harmoni
Sumber :
  • VIVA: Surya Aditiya

VIVA Metro – Rel trem bekas peninggalan kolonial Belanda kembali ditemukan di tengah proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) Jakarta fase 2 CP-202 kawasan Gajah Mada, Jakarta Pusat. 

Di Festival Islam Kepulauan di Belanda, Kemenag Kupas soal Penghulu Era Modern

Rencananya, ruang lingkup pekerjaan konstruksi CP-202 meliputi pembangunan tiga stasiun bawah tanah, antara lain Stasiun Harmoni, Sawah Besar dan Stasiun Mangga Besar yang keseluruhannya berada di kedalaman lebih dari 15 meter.

Penanganan khusus juga dilakukan terhadap aspek cagar budaya. Melihat konteks sejarah pada area stasiun, maka dilakukan kegiatan archaeological test pit atau ekskavasi arkeologi. Terlebih setelah ditemukannya rel trem bekas peninggalan Belanda.

Terpilih Jadi Ketua SC BPD-SI, Dirut Bank Sumut Siap Berikan Kontribusi Positif Pertumbuhan Ekonomi

Penemuan rel trem zaman Belanda di proyek MRT Jakarta fase 2 CP-202 Harmoni

Photo :
  • VIVA: Surya Aditiya

VIVA.co.id berkesempatan mengunjungi lokasi penemuan rel trem tersebut Rabu 16 November 2022, terlihat di lokas penemuan para pekerja fokus membersihkan rel trem tua yang masih kokoh itu dari tanah yang mengeras.

Ini pentingnya Energi Hijau dan Lingkungan Terlindungi untuk Masa Depan

Diketahui terdapat tiga langkah pengerjaan untuk mengangkat rel trem bersejarah itu. Di mana langkah pertama dilakukan menggunakan excavator untuk mengupas lapisan aspal hingga komponen rel trem sedikit terlihat.

Langkah berikutnya para pekerja melakukan detailing rel trem dengan sangat hati-hati agar bentuknya tetap utuh. Proses ini dilakukan dengan cara manual menggunakan palu, linggis dan sejenisnya sampai detail rel trem jelas terlihat.

Sejumlah pekerja membongkar aspal yang menutupi rel trem di proyek MRT Fase 2A.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/nz.

Arkeolog dari Universitas Indonesia, Charunia Arni Listya mengatakan bahwa setelah bersih, rel trem tersebut nantinya akan dibongkar dan dipindahkan ke Pool Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), Jelambar, Jakarta Barat.

“Berhubung ini adalah asetnya PPD, jadi ini akan disimpan di Pool PPD di daerah Jelambar. Proses exposing ini sudah berjalan kurang lebih 3 minggu, dan untuk tahap penyelesaiannya masih belum bisa diprediksi karena memerlukan kehati-hatian,” ujar Arni di lokasi penemuan rel trem di Jakarta Pusat, Rabu 16 November 2022.

Komponen rel trem yang ditemukan di Kawasan Harmoni tersebut terdiri dari batang rel, bantalan rel kayu jati, batu kerikil, baut dan batang besi arde. Selain itu, pihak MRT Jakarta juga menemukan wesel rel, atau rel pemindahan jalur yang bercabang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya